Direktori Warung Jawa di Banjarmasin

Bukan bermaksud menampilkan sentimen kedaerahan atau apapun itu, ini hanya masalah perut yang kadang nggak mau kompromi.   Bagi perantau dari Jawa yang belum lama tinggal di Banjarmasin mungkin masih belum terbiasa dengan nasi ‘pero’ khas Banjar. Hal ini tentu menjadi masalah besar. Sama halnya dengan nasi, apabila kita sudah terbiasa minum teh Jawa, pasti akan terkaget-kaget dengan rasa teh di Banjarmasin. Nah,  beberapa warung ini menyediakan rasa teh seperti di Jawa.

Dari blusukan saya dan sebagian lagi berdasarkan pantauan radar, maka saya akan share warung-warung jawa itu. Oh ya, urutan ini disusun secara acak saja. Semoga bermafaat.

1. Pecel Sambel Tumbang Kediri

TKP : Jl. Gunung Sari, Halaman Koramil Banjar Barat.

Jam Buka : 07.00 Pagi – Siang menjelang sore

Menu andalan : Nasi pecel dengan aneka lauk ayam goreng, telur, daging, paru, hati ampela.

Salah satu kelebihannya, anda bisa memilih tingkat kepedasan sambal pecelnya. Pas jam makan siang, siap-siap untuk tidak kebagian tempat duduk.

Lokasi warung strategis, berada di tengah kota. Tempat parkir mobil yang kurang luas karena berbagi tempat dengan foto kopi dan Koramil. Pada jam makan siang, siap-siap untuk tidak kebagian tempat duduk.

Pecel Telor Dadar (dokpri)
Endess… (dokpri)
Nama Warungnya (dokpri)
IMG_20150428_125458
Suasana warungnya (dokpri)

2. Gudeg Jogja Bu Dhe

Di Banjarmasin ada beberapa pilihan tempat makan yang menyediakan menu gudeg. Salah satu yang recommended yaitu Gudeg Jogja Bu Dhe yang berlokasi di Jl. KS Tubun, tepat samping Alfamart.

Buka dari pagi sampai malam, gudeg plus kreceknya udah seperti kita makan di tempat asalnya sana di Jogja. Pokoknya Jogja banget deh. Kenapa demikian, karena sang pemilik Bu Murba yang biasa disapa Bu Dhe adalah asli Jogja. Gudegnya ok, tempatnya juga bersih dan nyaman.

Gudeg Krecek Telor (image source)  

3. Bakmi Jogja Pal 8,5

TKP : Jl. A. Yani Km 8,5 pas sebelum baliho Honda, dari Banjarmasin kiri jalan, persis disamping pintu masuk komplek Ratu Asri. Kalo sudah sampai A. Yani Km 8 pelan-pelan aja lihat kiri jalan.

Warungnya sering tidak kelihatan bagi orang yang banyak dosa 🙂  Kalo tetep nggak ketemu, silakan kontak saya ntar saya anterin, ongkosnya cukup seporsi bakmi godog 🙂

Jam Buka : 5 sore sampe 11 malam, tapi biasanya jam 10 dah abis hehee.

Menu : bakmi godog, bakmi goreng, sego goreng, cap jaek (boso jowone cap cay), magelangan (mawut), bisa tambah sayap, paha, telur. Masaknya pake arang, jadi gak pake kompor melainkan tapi anglo. Dah mulai ngiler ya ? hehe…

Mi Godog plus telur mata sapi (dokpri), tombo kangen
Mi Godog plus telur mata sapi (dokpri), tombo kangen

Biasanya kalo datang jam 7 atau 8 malam gitu udah banyak yang antri. Untuk sedikit menghemat waktu antri, biasanya saya nelpon dulu, jadi sampe sana biasanya pas mateng. Tapi nomor HP-nya rahasia, hanya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh yang dikasih 🙂

IMG_20150427_181327
Nih patokannya, baliho yang ada lengkung atasnya (dokpri)
IMG_20150427_181627
Gerobak kayunya dah dipensiunkan, masuk museum ganti alumunium (dokpri)
IMG_20150427_181735
Nggak sampai jam 11 malam biasanya dah habis (dokpri)
IMG_20150427_182906
Yang ini namanya nasi goreng BEFORE (dokpri)
IMG_20150427_183740
Kalo yang ini nasi goreng AFTER hahaha (dokpri)
Jogja Banget (dokpri)

**very recommended

4. Warung Jawa

TKP : Letaknya di Jalan Keramaian, samping Eks Kantor Gubernur yang udah dibongkar. Yang ini malah persis di tepi Jalan Keramaian. Deretannya warung soto Kuwera. Cita rasa Jawanya nggak usah diragukan lagi. Bu Ida, si empunya warung adalah “imigran” asal Jogja hehehe….

Jam Buka : Pagi – sore, Minggu libur

Menu : Nasi rames, gudeg, sayur lodeh.

Enaknya di sini prasmanan juga, ambil sepuasnya.

Tinggal pilih (dokpri)
Menu ndeso (dokpri)
Tampilan warungnya (dokpri)

5. Soto Kwali Boyolali

TKP : Jl. S. Parman pas seberang Polda Kalsel

Menu Andalan : Soto Kwali, Garang Asem

Jam Buka : Pagi sampe bosen wkwkkw…, kata pemiliknya bos Anggoro Herianto

Warung makan ini sudah cukup lama berdiri, kalo nggak salah 8 tahunan, ya kira-kira 2007 lah. Dulu lokasinya persis di samping simpang empat S. Parman – Jl. Bali. Hingga akhirnya pindah di seberang Polda, masih di Jl. S. Parman. Menurut saya, satu-satunya kekurangan cuma tempat parkir mobil yang nggak ada, terpaksa di trotoar. Jadi pas makan sambil berdoa tidak kena tilang. Tapi gakpapa, banyak polisi makan di situ kok. Apa hubungannya coba ?

Oh ya, kalo anda penggemar soto daging sapi ala Jogja seperti Pak Marto seberang JEC atau Soto Kadipiro dan sejenisnya, maka warung soto inilah satu-satunya yang mendekati untuk Banjarmasin. Saya belum pernah nemu soto daging sapi yang rasanya mirip di Jogja, kasihan ya …

Kwali2
Semangkok soto pengusir galau
Kwali
Tempe habis, remukan pun jadi 🙂

6. Gudeg Jogja Bu Roemini

TKP : Komplek Beringin, Jl. A. Yani Km 3 masuk 50 meter

Jam Buka : Sore – Malam

Menu Andalan ; Gudeg, Nasi Goreng, Mie Goreng, lauk ayam, bandeng, telur dll

Warung ini langganan saya sejak saya pertama kali menginjakkan kaki di Banjarmasin tahun 2005. Waktu itu lokasi warungnya di area PKL Jl. A Yani. Akan tetapi karena Jl. A Yani Km 3 nggak boleh lagi buat PKL, akhirnya si ibu nyari tempat baru. Tempat barunya sebenarnya kurang representatif karena merupakan gang senggol, saat makan bisa kena senggol kendaraan lewat hahaha… Tapi ya sudahlah mungkin rejeki Bu Roemini di situ.

IMG_20150613_180424
Seru, warungnya emplek-emplek di gang senggol
IMG_20150613_180259
Touch screen juga hehe….
IMG_20150613_181005
Menu favorit sejak bujangan dulu, nasi gudeg telor dadar 🙂

Konon kalo nggak salah denger, mereka perantau dari Gunung Kidul. Dan kalo nggak salah lagi, mereka sudah beranak pinak, maksudnya warungnya sudah menjadi 3, salah satunya di deket pelabuhan Trisakti.

Oh ya, di sini gudeg basah ya, jadi bukan kering seperti di Wijilan sana, dan nggak ada sambel kreceknya.

Khusus bulan puasa biasanya ada menu tambahan seperi brongkos, nah loh, ini menu andalan saya saat berbuka puasa dan makan sahur dulu. Wkkwkkw… Makanya saya tahu banget, maklum sudah member sejak 10 tahun lalu. Monggo silaken dicoba.

7. Angkringan Solo Rasa Hercules

TKP : Jalan Hercules Deket RSAU

Meski angkringan, di sini free wifi juga. Jadi silakan berlama-lama di tempat ini.  Dulunya berlokasi di Jl. Angkasa, akan tetapi akhirnya memutuskan bergeser ke Jalan Hercules. Buka tiap hari dengan menu angkringan khas…

Menu andalan : Nasi kucing (teri, bandeng), ceker, tahu, tempe, sate kerang, telur puyuh, sate hati, suhe (susu jahe), wedang uwuh khas Imogiri, dan yang terbaru ada soto kwali yang uenak tenan.

Jam Buka : 17.00 – 24.00

Istimewa (dokpri)
Ceker… yang khas di Angkringan (dokpri)
Ada Soto Kwali (dokpri)

 

Kebanyakan angkringan di Banjarmasin dan Banjarbaru penyajian makanannya dibakar (dipanggang) untuk sekedar menghangatkan makanannya. Tapi bisa juga langsung dimakan wong memang sudah matang.

8. Depot Depot Pulau Indah

TKP : Jl. A. Yani Km 11,8 Pas di Pangkalan Bus Jurusan Samarinda-Balikpapan “Pulau Indah”, makanya namanya Depot Pulau Indah. Lebih gampangnya di seberang Aston. Nggak tahu Aston ? Cari aja bangunan tertinggi di Kalsel, itulah Hotel Aston.

Menu andalan : Nasi rames, sayur lodeh, nasi pecel, telur dadar, mata sapi, ayam goreng, bandeng, daging, paru, aneka jus. Sekarang ada menu baru soto daging.

IMG_20150429_123434
Penampakan warungnya (dokpri)
IMG_20150429_123518
Secara touch screen juga (dokpri)
IMG_20150429_123542
Pilih aja sesukan hati (dokpri)
IMG_20150429_123547
Sorry mas candid  🙂 (dokpri)
IMG_20150429_123935
itu yang stiker kuning adalah harga yang harus dibayar (dokpri)

Biasanya jika saya dari Banjarmasin menuju Banjarbaru atau sebaliknya, maka warung ini menjadi salah satu tempat favorit saya untuk menjalani ‘pit stop.’ Jam 12 – 1 siang biasanya warung penuh pengunjung.  Setelah jam itu, maka lauknya tidak lagi komplit hehe.

Nah makan di sini nggak usah nginget-inget apa yang dimakan, soalnya setelah selesai pesanan, penjualnya langsung menuliskan harga di stiker kecil yang ditempel di piring.

9. Warung Jogja

TKP : Nama jalannya Jl. Keramaian, pasti asing kan ? Tepatnya di samping (Eks) Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin. Warungnya agak “ndhelik”, hanya orang-orang yang berhati bersih yang dapat melihatnya hehe.

Menu : Gudeg, ramesan, pecel, lauk ayam, hati, telur dll. Tehnya juga enak. Prasmanan alias ambil sendiri, tapi jangan lupa apa yang diambil ya.

Jam buka : 6.30 – 17.00 Wita

Warungnya agak tersembunyi, masuk sekitar 30 m dari jalan raya. Sebenarnya lokasinya di pusat kota, tak sampai 100 m dari Kantor Gubernur. Pas buat makan siang bagi yang berkantor di sekitar situ, atau buat yang kebetulan lewat. Tempatnya memang agak tersembunyi, tapi jangan kencan di situ ya, ntar ketahuan saya. 🙂

Siang hari biasanya warung ini menjadi jujugan medrep, polisi, tentara dan wartawan. Eh, salesman juga hehe.

IMG_20150427_131150
Terlambat sedkit, habis (dokpri)
IMG_20150427_131417
Cukup seporsi (dokpri)
IMG_20150427_131450
Banyak wartawan dan medrep, kadang tentara dan polisi (dokpri)
IMG_20150427_131503
Beginilah warungnya (dokpri)

 

10. Kantin KODIM

TKP : Jalan Masuk Samping KODIM 1007 Banjarmasin

Jam Buka : Pagi – Siang jam 2an dah abis biasanya

Menu : Nasi, sayur bening, ayam goreng, mie goreng dll.

Gak usah aneh dengan tempatnya. Memang di lingkungan KODIM, tapi banyak masyarakat umum yang makan di sini. Nasinya enak, kebul-kebul bikin gembrobyos. Warung ini sudah jadi langganan saya sejak 10 tahun lalu. Ibunya sampai hafal menu kesukaan saya. So, yang mau merasakan sensasi makan ala tentara, maksudnya makan bersama tentara ke sini aja. Hehe…

 

kodim
Samping Kodim (dokpri)
IMG_20150504_120017
Menu sederhana 🙂
IMG_20150504_115730
Warunge juga sederhana
IMG_20150504_120944
Dikiranya saya bohong, tuh pak tentaranya 🙂

**layak dicoba

11. Depot Beruntung Jaya

TKP : Jl. Beruntung Jaya, setelah perempatan pertama, kiri jalan

Jam Buka : Pagi – Malam

Menu : Menunya buanyak banget hehe…. Ada rawon, soto ayam kampung, nasi opor, tahu telur, pecel dll

Makan siang dan makan malem merupakan saat-saat padat depot ini. Mungkin karena banyak pilihan menu sehingga nggak hanya anak remaja, tapi juga keluarga. Cukup recommended bagi yang kangen masakan ala Surabaya.

IMG_20150502_131108
Tuh Menunya

 12. Warung Bulek Jawa

TKP : Komplek Stadion Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km 5. Pas pojokan sebelah lapangan tenis. Dari A yani masuk ke arah stadion, ketemu lapangan tenis langsung belok kanan, lokasi warungnya pas paling ujung.

Jam buka : 8 pagi sampe habis. Bukanya cuma Senin – Sabtu, Minggu libur macam kerja kantoran juga hehe.

Menu : Nasi plus aneka sayur, lauk, ikan, ayam, telor dll

Saya menyebutnya warung salesman, soalnya yang makan di sini kebanyakan salesman, baik salesman yang masuk target maupun salesman galau yang nggak masuk target hahaa. Sejak 10 tahun lalu saya sudah sering makan di warung ini karena dekat dengan kantor lama saya.

IMG_20150505_125304
Tuh di pojokan warungnya
IMG_20150505_123954
Ngantri pas jam makan siang
IMG_20150505_124031
Sibuk, yang jaga sudah ganti orang
IMG_20150505_124039
Aneka sayur
IMG_20150505_124057
Nggak sadar saya foto 🙂
IMG_20150505_124220
Porsi kuli
IMG_20150505_125041
Suegerr

Meski warungnya sederhana, tapi jangan salah, artis pun pernah makan di sini.. hehhe…

IMG00582-20100712-1355
Ada Edi Brokoli, sumpah ini Edi Brokoli, beneran ( Juli 2010)

13. Dapur Jawa

Kali ini kita sedikit bergeser ke arah Banjarbaru. Tepatnya di Landasan Ulin, lebih tepat lagi pas sebelum simpang tiga Jalan Golf. Menurut informasi, warung ini sudah cukup lama eksis di situ. Dari penampakannya, sepertinya pemiliknya Aremania.. hehehe

Warungnya persis di pinggir jalan, untuk parkir mobil muat 3 saja. Tapi nggak usah khawatir, anda bisa memarkirnya di Jalan Golf.

Menu andalah nasi campur dan pecel. Kalo kita datangnya sudah di atas jam 1 siang, maka biasanya tinggal koret-koretan saja alias lauknya sudah habis. Lauk pilihannya ayam goreng dan telur mata sapi.

Cita rasanya cocok bagi yang kangen dengan masakan Jawa, khususnya Jawa Timur. Oh ya, di atas jam 2, menunya ganti menjadi soto ayam.  Tapi jangan coba-coba memesan soto sebelum jam 2 siang, maka tidak akan dilayani, apapun alasanya hehe…

Jadi, pinter-pinter anda, jika pengin lauknya masih komplit ya datanglah lebih awal. 🙂

20151113_125644_resized_1
Sibuk Melayani (dokpri)
20151113_125746_resized_1
Rombongan Ba’da Jumat (dokpri)
20151113_125755_resized_1
Pilihan Menu (dokpri)
20151113_130007_resized_1
Pecel Telor Mata Sapi (dokpri)

14. Warung Jawa (Stadion Lambung Mangkurat)

Ada 2 warung jawa di sekitar Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin. Jika kita dari Jl. A. Yani Km 5, masuk ke arah stadion, maka warung jawa yang ini adalah yang mentok belok kiri. Cukup jelas penandanya, saya yakin anda tidak akan susah menemukannya.

Menunya cukup lengkap untuk menu makan pagi dan siang. Warung ini biasanya ramai pada saat makan siang karena berada di dekat area perkantoran swasta di seputar A Yani Km 4 – 5.

Penampakan dari luar
Segini 14K

15. RM Trikora Raya

Rumah Makan ini belum lama berdiri. Pada saat google street view merekam rumah makan ini masih bangunan belum jadi, so nggak kelihatan. Tempatnya cukup luas, ada ruangan VIP juga. Begitu juga dengan areal parkirnya yang bisa menampung cukup banyak mobil dan sepeda motor.

Lokasinya di Jalan Trikora Raya, Guntung Manggis, Landasan Ulin, berseberangan dengan SPBU AKR. Tulisannya cukup mencolok dengan warna hijau yang dominan pada rumah makannya.

Menu jawanya ada yang khas yaitu Mangut Lele. Bumbu mangut sangatlah khas, bagi yang pernah menetap di daerah Mataraman, yaitu seputar Jogja dan Solo, serta Semarang – Kendal pasti tak sudah terbiasa dengan  masakan bersantan ini. Komposisi utamanya lele goreng yang diberi bumbu mangut. Selain mangut lele, ada juga mangut haruan sebagai alternatif pilihan. Dan masih banyak lagi menu Jawa dan nasional lainnya. Ayam dan berbagai jenis ikan goreng dan bakar serta lalapan.

Porsi yang pas (dokpri)
Nasi plus mangut lele (dokpri)
Pasangan yang pas (dokpri)

 

Tunggu Reviewnya untuk warung berikut ini :

16. Warung Yogya Belakang Eks. Rumah Sakit Banjarbaru

17. Soto Lamongan Cak Pul Jl. Pramuka

18. Stasiun Soto Solo Banjarbaru

19. Soto Suroboyo Cak Hari, Gatsoe

20. Bakso Bu Sukini, Malkom Temon Banjarmasin

21. Mie Pak Temu, Jl S Parman

22. Warung Patria Banjarbaru

dst

 

 

12 thoughts on “Direktori Warung Jawa di Banjarmasin”

      1. Lha saya aseli banjarmasin kok mas cuma sudah lama merantau dan jarang pulang hehe.. Nanti bulan depan mau pulang ke Banjarmasin mau perdana ngajak anak dan suami wisata kuliner pakai panduan kuliner dari blognya mas ini makasih sekali ya tulisannya sangat informatif 🙂

        1. Hehe… Silakan dicek aja Mbak, tapi orangnya lagi mudik kira2 sebulan lagi baru datang dan buka lagi. 🙂

  1. Mantap mas har…..saya kok blm nemu warung magelangan ya…..bisa dibantu kah…..saya kangen ma kupat tahu dan sop senerek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *