Cara Beli Pulsa (Token) Listrik via ATM Mandiri dan BCA

Listrik prabayar atau sering disebut Listrik Pintar oleh PLN saat ini sudah banyak digunakan. Banyak pro-kontra, namun program ini toh jalan terus. Mulai dari biaya administrasi dalam pembelian pulsa (token) hingga PPJ yang nilainya cukup memberatkan konsumen.
Bagi pemilik rumah kontrakan atau rumah bedakan mungkin akan sangat terbantu, pemilik rumah tidak usah lagi merasa khawatir tagihan PLN tidak dibayar oleh penyewa rumah. Sebelum ada listrik prabayar hal ini seringkali terjadi, listrik belum dibayar, penyewa sudah kabur duluan…. pengalaman pribadi hehe…
Menggunakan listrik prabayar ini mirip dengan penggunaan handphone dalam hal pengisian ulang pulsanya. Untuk listrik prabayar pulsa yang digunakan dinamakan dengan Token listrik prabayar.
Cara mendapatkan atau membeli token listrik sangat mudah, bisa di ATM beberapa bank, bisa di konter-konter yang bekerja sama dengan PLN, bahkan sekarang sudah bisa di jaringan Alfamart dan Indomaret di seluruh Indonesia.
Nah, untuk di ATM, caranya bisa anda lihat di bawah ini.
Syaratnya Cuma satu, punya rekening, ATM dan ada saldonya hehe….
Untuk rekening Mandiri, mesti ada saldo mengendap Rp. 100 Rb, kalau BCA bisa sampai Nol.

Baca Juga: Cara Bayar BPJS via ATM BNI dan Mandiri

Oh ya, sebelum membeli token listrik prabayar lewat ATM ada baiknya anda paham dulu kapan pulsa listrik di rumah kita sudah saatnya untuk diisi ulang. Ini bisa dilihat dari lampu indikator yang terdapat di unit meteran. Apabila lampu indikator menyala hijau itu artinya pulsa listrik masih banyak. Sedang bila lampu indikator menyala kuning itu maksudnya pulsa listrik masih mencukupi meski tak banyak. Nah jika lampu indikator mulai menyala merah maka sudah saatnya anda menambah pulsa listrik di rumah anda sebab tak lama lagi akan habis. Macam lampu lalu lintas juga hehe…

Jangan tunggu sampai lampu indikator merah berkedip-kedip dengan bunyi alarm yang nyaring. Pertama mengganggu tetangga, yang kedua bikin malu hahaha….
Berikut cara beli token PLN via ATM Mandiri :
– Setelah anda masukkan ATM dan PIN anda, pilih “BAYAR/BELI” pada layar utama

PLN01 PLN02

 

 

 

– Pilih “LISTRIK/GAS”

PLN03 PLN04
– Lalu Pilih “PLN PRABAYAR”
– Lanjut pilih “ID METER”

PLN05
– Masukkan 11 Digit ID Meter anda, jika anda lupa, biasanya tertulis dan ditempel di meteran anda lengkap dengan Barcodenya.

PLN06
– Pilih jumlah Rupiah yang akan anda beli, ingat sisa saldo di rekening yaa

PLN07
– Muncul ID Meter, Nama Pelanggan, Jumlah Pembelian

PLN08
– Jika benar, tekan “YA”

struk
– Nah maka akan keluar struk dimana ada 20 digit nomor TOKEN/STROOM, silakan dimasukkan ke meteran listrik, pencet aja ke-20 nomor tersebut dengan benar lalu Enter, jika keluar “ACCCEPT” makan stroom anda akan terbambah sesuai nilai yang anda masukkan. Jika “ERROR” atau “REJECT” silakan diteliti ulang apakah nomor yang anda masukkan salah, jika sudah benar namun tetap tidak bertambah stroomnya, hubungi saja call center 123

Untuk ATM BCA, caranya kurang lebih sama :
– Masukkan kartu ATM, ketik Nomor PIN
– Tekan “Transaksi Lainnya”
– Lalu pilih “Voucher Isi Ulang”
– Lanjut “Opsi Lainnya”
– Pilih menu “PLN Prepaid”
– Masukkan 11 digit ID Meter anda
– Pilih jumlah token yang akan anda beli
– Akhiri dengan menekan “Benar”
– Keluar struk dan masukkan 20 digit token ke meteran seperti di atas.

Mudah Bukan ?

Baca Juga

10 thoughts on “Cara Beli Pulsa (Token) Listrik via ATM Mandiri dan BCA”

  1. mohon bantuannya..setelah saya baca dibagian pilihan PLN prabayar # muncul pilihan 1.nomor meter dan 2.id pelanggan sementara anda memberikan informasi untuk memilih id meter,yang mana ya…mohon bantuan mana yang saya pilih di 2 pilihan tersebut..demikian trims.

    1. Enggak mbak…
      Setelah masukkan PIN, lalu Transaksi Lain, Pilih Voucher / Isi Ulang, pilih PLN Prabayar, Masukkan ID Meter.

      terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *