Sate Kambing di Banjarmasin dan Banjarbaru

Tidak seperti di Jogja, khasanah persatekambingan di Kalsel, terutama Banjarmasin dan Banjarbaru sangat terbatas alias minim. Hanya ada beberapa warung sate yang masuk dalam pantauan radar saya sebagai penggemar sate kambing 🙂

Beberapa nama diantaranya :

  • Sate Kambing Ali- Banjarmasin
  • Sate Tegal Ortega Banjarmasin – Banjarbaru
  • Sate Sido Mampir Pak Kancil Tulungagung Banjarbaru
  • Sate Kambing Mbak Tun Banjarbaru
  • Sate Kambing Pringgodani Banjarbaru
  • Sate Kambing Gunung Kidul (Pelaihari)

Mari kita review satu-persatu, tidak urut yaa…

  • Warung Sate Sido Mampir (Pak Kancil Tulungagung)

Warungnya sudah cukup lama eksis di sini. Oh ya, lokasinya masuk di wilayah administratif Kota Banjarbaru. Tepatnya di Jalan Angkasa sebelum Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Setelah menemukan Indomaret di kiri jalan, tinggal menoleh ke kanan, maka akan terlihat warungnya.

Menu utama sate kambing dan gule, tapi sedia juga sate ayam. Nah, kalau saya selalu rikues “nggak pake gajih,” soalnya jika tidak, maka anda akan menerima sate dengan tusukan berisi daging plus gajih. hehe

20160225_113436_resized
Ini tanda yang ada di depan warungnya (dokpri)

Menurut pengalaman saya, mungkin beda orang beda pengalaman, sate di sini cukup empuk dan enak. Mungkin dagingnya berasal dari kambing yang masih relatif muda. Bumbu-bumbu dan lainnya semua udah pas, sama seperti yang biasa saya dapatkan di Jogja. Karena saya bukan penggemar gule, saya belum pernah mencoba gule di warung ini, jadi tidak bisa komen.

Instagram

Warungnya standar, cukup bersih, harganya 1 tusuk Rp. 4.000,- relatif standar untuk ukuran Banjarmasin dan sekitarnya.

20160225_114435_resized
Bisa extra birisan bawang merah (dokpri)
20160225_115445_resized
Ini sisa tusukannya aja (dokpri)

Beberapa kekurangan, sekali lagi menurut saya antara lain nasinya tidak pulen, mungkin sudah menyesuaikan dengan nasi Banjar yang pero. Lalu tidak menyediakan menu tongseng, nah ini menu kesukaan saya selain sate. Untuk tempat parkir hanya muat 3 mobil sehingga pada waktu tertentu sering nggak kebagian tempat parkir.

Dari skala 10, saya kasih nilai 8 :). Selamat mencoba para penggemar mbeekkkk……

  • Sate Kambing Mbak Tun (Wong Klaten)

Warung sate kambing ini juga sudah cukup familier di kalangan pecinta kuliner kambing di Banjarmasin dan Banjarbaru. Tempatnya mudah di cari, terletak di jalan utama kota Banjarbaru yaitu Jalan A Yani.

TKP : Jl A Yani samping pintu gerbang ULM Banjarbaru

Menu : Sate Kambing, tongseng, gulai

Porsinya di sini cuma 5 tusuk tapi dengan potongan daging yang besar. Jadi yang sama saja 10 tusuk sate Pak Kancil di Jalan Angkasa hehe…

Untuk urusan nasi nggak usah ribet, di tempat Mbak Tun ini nasinya pulen dan bebas ambil sendiri. Jadi siap-siap menikmati empuknya daging sate kambing dan nasinya yang “kemebul.”

Ini menunya (dokpri)
Jangan serakah, 5 tusuk udah cukup (dokpri)

Instagram

  • Sate Kambing Muda Pringgodani

Berada di pinggir jalan utama poros Banjarmasin – Banjarbaru, tepatnya di Km 25, deket stasiun radar Bandara Samsudin Noor Banjarbaru. Mendeklarasikan sebagai sate kambing muda, lengkap dengan menu lainnya seperti tongseng, gule, tengkleng, nasi goreng kambing dan sate ayam. Oh ya warung ini milik Ki Dalang Manto Darsono asal Sragen, Jawa Tengah, terlihat dari spanduknya.

Penampakan depan warungnya (dokpri)

Harga per porsi sate kambing 50.000,- berisi 10 tusuk kambing muda, worth it dengan apa yang tersaji di depan kita. Untuk menu lain saya belum nyobain, so cuss aja ke sana.

Menu (dokpri)
Seporsi sate kambing muda (dokpri)
  • Sate Ortega

Salah satu selling point warung ini adalah menggunakan hotplate. Anda akan menerima hidangan sate kambing dalam kondisi panas “mongah-mongah.”

Awalnya Sate Ortega hanya ada di Jalan Trans Kalimantan Handil Bakti dengan warung yang tak seberapa besar. Tapi kini selain memperbesar warung yang di Handil Bakti, pemiliknya juga mengembangkan sayap dengan membuka beberapa cabang di Banjarmasin (Jl Sutoyo S) dan Banjarbaru.

Sate terhidang dalam hotplate (dokpri)

Jujur saya nggak begitu suka dengan potongan dan tekstur  dagingnya yang menurut saya kurang terasa digigit. Tapi dari pada penasaran, silakan cuss dicoba

  • Sate Kambing Gunung Kidul, Pelaihari

Jarak Kota Banjarmasin ke warung sate ini kira-kira 65 km. Tapi untuk urusan sate kambing, jarak sejauh itu tidaklah jadi masalah. Warung Sate Gunung Kidul berada di Pasar Tradisional Pelaihari, Kab. Tanah Laut. Mirip-mirip dengan Sate Klatak Pak Bari atau Pak Jono di Pasar Wonokromo, Bantul.

Warung sate kambing Gunung Kidul buka mulai jam 5 sore sampe malem. Untuk masalah cita rasa, tak perlu diragukan lagi karena si empunya asli Ngayogyakarta Hadiningrat.

Satenya empuk
Warungnya Jogja banget
  • Sate Kambing Ali

Warung Sate Kambing Ali baru berusia seminggu saat saya datang. Tapi meski begitu, pengelolanya bukan pemain baru dalam hal persatekambingan.

Kambing hasil ternak sendiri
Dagingnya empuk
Menu 2018

Di Solo, mas Aris, sang empunya warung sudah membuka usaha sate kambing sejak lama. Jadi tak perlu khawatir tentang cita rasa.

Yang istimewa, kambing di warung ini tidak diberi makan rumput biasa seperti pada kebanyakan kambing. Akan tetapi sengaja diternakkan sendiri dan diberi pakan yang sudah difermentasi probiotik.

Jadi selain dagingnya rendah kolesterol, teksturnya juga lebih empuk.

Selain sate, tersedia menu tongseng, tengkleng, gule, nasi goreng kambing dan bakmi goreng kambing.

Warung Sate Kambing Ali, Jl. Bali Banjarmasin, seberang Indomaret.

  • Sate Kambing Warung Jogja

Sempat beberapa kali pindah, kini menempati lapak di Simpang Tiga Jl. Belitung dengan Jl. PM Noor Banjarmasin, di daerah Kuin deket Sungai Barito. Pemiliknya asli Jogja sehingga cita rasa yang dibawa juga merupakan cita-rasa sate kambing di Jogja sana. Kira-kira pas makan di sana sambil berkhayal sedang berada di jalan Imogiri Timur hehe…

 

Demikian review beberapa sate kambing yang ada di Banjarmasin dan Banjarbaru. Nanti saya update jika ada yang baru lagi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *