10 Kuliner Enak Banjarmasin

Share This:

Ngomongin soal kuliner di Banjarmasin seakan tak ada habisnya, karena kota ini memang kaya akan makanan enak. Berikut saya sajikan 10 jenis makanan yang wajib anda coba saat anda datang ke Kota Seribu Sungai ini.

Hotel Paling Nyaman di Nusa Dua, Bali

  1. Nasi Kuning

Meski identik dengan soto banjar tapi tak ada salahnya mencoba kuliner lain di kota ini, salah satunya nasi kuning. Nasi kuning di Banjarmasin merupakan salah satu menu favorit sarapan. Hampir semua warung makan yang buka pada pagi hari selalu menyediakan makanan yang satu ini. Biasanya dikombinasikan dengan menu sarapan lainnya seperti lontong atau bubur ayam.

Beberapa warung menyajikan nasi kuning dengan bungkus daun pisang, beberapa menggunakan kertas pembungkus. Sedangkan untuk makan di tempat biasanya disajikan dalam piring. Lauk yang lazim disajikan dan menjadi ciri nasi kuning khas Banjar adalah ikan haruan. Jenis ikan ini memang menjadi lauk favorit. Haruan yang dalam bahasa Indonesia berarti ikan gabus diolah dengan bumbu habang (merah) khas Banjar. Pilihan lainnya adalah hintalu (telur) dan ayam. Beberapa tempat menyediakan dendeng dan hati.

Jika anda sedang berkunjung ke Banjarmasin, tak perlu jauh-jauh mencari nasi kuning. Begitu anda keluar dari hotel, lalu anda lihat kerumunan orang di sebuah warung di ujung jalan, maka dapat dipastikan ada warung nasi kuning. Budaya mawarung masyarakat Banjar di pagi hari turut menyumbang maraknya warung nasi kuning di kota ini.

?
Nasi kuning hintalu (dokpri)

Beberapa pilihan tempat makan nasi kuning :

  • Nasi Kuning Andalas, cukup favorit dengan pilihan lauk yang lengkap di Jl. Perintis Kemerdekaan
  • Nasi Kuning Cempaka, warungnya legendaris di area Pasar Baru
  • Nasi Kuning Lontong Orari, buka sampai dini hari di Jl. Seberang Mesjid
  • Nasi Kuning Pasar Lama, banyak warung banyak pilihan
  1. Bubur Ayam

Sama seperti lontong dan nasi kuning, bubur ayam juga menjadi menu utama warung-warung yang buka pagi hari. Meski sama bubur ayam, tapi ada yang berbeda dengan bubur ayam di Banjarmasin. Jika bubur ayam bandung sedikit berkuah, maka bubur ayam banjar tidak begitu.Bubur ayam di sini hampir tidak ada kuahnya. Hanya ayam, daun sop dan potongan cakwe. Biasanya ditambah irisan telur serta krupuk sebagai pelengkap.

?
Salah satu bubur ayam di Banjarmasin (dokpri)

Beberapa tempat makan favorit untuk menu bubur ayam :

  • Bubur Bunda di Jl. Pulau Laut dan Flamboyan
  • Bubur Soraya di Jl. Simpang Telawang
  • Bubur Nagasari di Jl. Nagasari (Djok Mentaya)
  • Bubur ayam Bumi Mas di Jl. Bumi Mas
  1. Soto Banjar

Seperti telah saya katakan di atas, Banjarmasin identik dengan soto banjar. Soto banjar sudah menjadi sajian wajib di kota ini. Warung makan yang menyediakan soto banjar pun tak terhitung jumlahnya, bertebaran hampir di seluruh pelosok kota, pun dengan merek masing-masing.

Soto banjar berbahan dasar ayam, telor dengan campuran bumbu rempah lengkap dengan kayu manis menjadikan rasa khas soto banjar berbeda dengan soto-soto lainnya di nusantara.

Ayam Bapukah (dokpri)
Soto Banjar Ayam Bapukah (dokpri)

Kuah soto banjar biasanya ditambahkan susu sehingga sedikit lebih kental. Perkedel dan jeruk nipis (limau kuit) menjadi pelengkap yang wajib untuk menu masakan ini.

Nah, yang unik adalah jika anda memesan soto banjar, maka anda akan disajikan soto lengkap dengan lontong. Namun jika anda ingin lontong diganti nasi, makan pesanlah nasi sop. So jangan salah.

Beberapa tempat makan untuk menu soto :

Ulasan 10 Soto Banjar Enak ada di sini

  1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan (atau dalam Bahasa Banjar : Katupat Kandangan) merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Kalsel. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang atau malam.

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih.

Nah yang menjadikan istimewa adalah rasa ikan haruan (gabus) asap ini. Hmmm…..

Oh ya saking tak bisa dipisahkannya antara ketupat Kandangan dengan ikan haruan, beberapa warung makan memilih tutup alias tidak buka saat ikan haruan langka di pasaran.

Ketupat Kandangan Iwak Haruan (dokpri)
Ketupat Kandangan Iwak Haruan (dokpri)

Satu lagi keunikan makanan ini terletak pada cara makannya. Meski berkuah, orang Banjar asli menyantap ketupat Kandangan langsung dengan tangan, tanpa sendok. Anda mau mencoba ?

Berikut beberapa tempat favorit yang menghidangkan ketupat Kandangan :

  • Ketupat Kandangan Hj. Ida di Kampung Melayu
  • Ketupat Kandangan Hj. Mursinah di Jl. Cenderawasih
  • Warung Kaum di Jl. Bumi Mas Raya
  • Warung Pondok Bahari
  1. Lontong
lontong hintalu wan haruan
lontong hintalu wan haruan

Satu lagi menu sarapan yang juga cukup favorit di Banjarmasin.  Yang menjadi cirikhas lontong sayur di kota ini adalah lauknya. Lauk yang berupa telur (hintalu), ayam atau haruan lazim dimasak bumbu habang (merah). Nah ini yang tidak anda temukan pada lontong sayur di kota lainnya.

Yang unik juga dan menjadi tempat makan wajib di Banjarmasin adalah lontong dengan bentuk segitiga di warung lontong Orari.

Pilihan tempat makan :

  • Lontong Orari, Jl Seberang Mesjid
  • Bubur Ayam Bumi Mas, Jl. Bumi Mas
  • Bubur Ayam Nagasari, jl. Djok Mentaya
  1. Ikan Bakar dan Goreng

Selain terkenal dengan ikan haruan (gabus), kota Banjarmasin juga terkenal dengan ikan patin beserta olahannya. Ikan air tawar ini benar-benar menjadi hidangan favorit di Kota ini.

Selain patin, menu yang juga menjadi incara untuk menu bakar-bakaran adalah papuyu dan lais.

Tak heran, tempat makan yang menyediakan ikan bakar pun terdiri dari berbagai  strata, dari kelas warung hingga kelas resto, tergantung selera anda.

Patin Bakar RM Sari Patin Banjarmasin (dokpri)
Patin Bakar RM Sari Patin Banjarmasin (dokpri)
lais goreng
ikan favorit saya, lais goreng (banjarmasinculinary)

Beberapa alternatif tempat :

  • Warung H. Fauzan di Jl. Sultan Adam dan beberapa cabangnya
  • Pondok Permata di sepkitar Gatot Subroto
  • Hj. Idah Jl. S. Parman
  • Sari Patin Jl. Hasan Basri
  • RM Rudy Hermanto Jl. A. Yani Km 3
  • RM. Cenderawasih
  • Warung Sederhana di Jl. Gub Subarjo (Tri Sakti)
  • RM Patin Hj Husniah, pinggir sungai seberang Swissbel Hotel

7. Mie

Mie memang bukan makanan khas Banjar, tapi bukan berarti tidak ada olahan khas Banjar untuk makanan berbahan dasar mie. Meski banyak dipengaruhi masakan Jawa seperi mie kuah maupun mie goreng,  tapi tetap ada sesuatu yang berbeda. Salah satu yang memposisikan diri berbeda adalah mie bancir.

20160716_184145_resized
Mie Bancir Ceker Setan ala Masterchef Agus Sasirangan di Kayu Tangi (dokpri)

Banyak orang bertanya apa itu Mie Bancir, kata Bancir dalam bahasa banjar memiliki arti Bencong, lalu kenapa jadi Mie Bencong. Ketika banyak konsumen  yang request sedikit kuah, antara berkuah dan kering atau nanggung, sehingga ada selontaran dari mulut salah satu pedagang mengatakan Bancir atau Mie Bancir. Dan kata-kata Mie Bancir akhirnya membudaya sebagai Mie nanggung antara berkuah dan kering atau nyemek dalam bahasa Jawa. Begitulah kira-kira ceria asal muasal mie bancir.

Banyak warung menyediakan menu mie bancir ini, salah satunya adalah jebolan ajang Master Chef Indonesia. Ya, master chef Agus Sasirangan kini mengangkat kembali atau mempopulerkan kembali mie bancir khas Banjar dengan membuka rumah makan di Banjarmasin dan di Banjarbaru. Saat anda berkunjung ke Banjarmasin, tempat ini layak anda coba.

  • Mie Bancir Agus Sasirangan Jl. Hasan Basri
  • Mie Bancir “Marasa Maka Tahu” Jl. Pekauman
  • Mie Bancir Agus Sasirangan di Banjarbaru
  • Depot Mie Dadang, Kampung Melayu
Mau souvenir Khas Banjarmasin ? Klik pada Gambar !

8. Nasi Itik Gambut

Tak jelas kapan makanan ini mulai tenar.  Mungkin sejak puluhan tahun lalu. Jika anda dari Bandara Syamsudin Noor  dan menuju ke Kota Banjarmasin, maka anda akan melewati sebuah daerah (kota kecamatan) yang bernama Gambut.

Daerah ini mempunyai masakan khas yaitu nasi itik Gambut. Nasi putih dengan lauk itik dengan bumbu habang (merah) khas Banjar yang sangat istimewa di sini. Satu porsi disajikan dalam bungkus daun pisang, anda tinggal ambil karena sudah disiapkan sejak awal.

Banyak warung yang menyediakan menu ini dan semua terkonsentrasi di sebuah area. Tepatnya di Jl. A Yani Km 14  Gambut. Anda bisa memilih warung yang anda sukai di sekitar  Gambut.

itik gambut
Sebungkus nasi itik Gambut (net)
nasi itik gambut 2
Nasi Itik Gambut dengan bumbu habang (net)

Jumlah warungnya yang cukup banyak dan berjejer cukup mencolok membuat orang penasaran. Tak heran setiap orang yang baru datang ke Banjarmasin pasti akan melihat dan bertanya-tanya, apa itu nasi itik Gambut.

Beberapa warung yang recommended :

  • Nasi Itik Gambut Mama Baiti
  • Nasi Itik Gambut Tenda Biru
  • Nasi Itik Gambut Barokah

9. Ikan Seluang

Ikan seluang adalah salah satu spesies Rasbora spp.. Ikan seluang merupakan ikan yang banyak terdapat di sungai di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Brunei dan Indonesia. Ikan ini bersisik seperti ikan lampam tetapi berbentuk tirus seperti anak Jelawat. Ukuran ikan ini antara 2 hingga 4 inci.

Di Banjarmasin, ikan saluang diolah menjadi penganan yang sangat enak. Ikan seluang goreng merupakan penganan khas Kota Banjarmasin yang banyak digemari masyarakat maupun pendatang. Dengan ukuran mungil, rasa ikan saluang goreng ini sangat renyah. Cocok  dan sangat enak untuk dijadikan lauk ataupun sekadar cemilan.

seluang goreng (net)
seluang goreng (net)

Sebagai makanan khas Banjarmasin, ikan sungai tersebut sekarang dikemas sebagai oleh-oleh. Dibungkus kemasan plastik, ikan saluang goreng ini sangat laku di pasaran.

Konon menurut ahli gizi, ikan saluang mengandung protein yang sangat berguna bagi tubuh kita, seperti sebagai sumber energi dan untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Keunggulan khusus lemak ikan ini dilihat dari sudut pandang komposisi asam lemaknya, karena komposisi asam linoleat dan asam arakhidonat dimana keduanya berupa asam lemak esensial. Penasaran ? Buruan ke toko oleh-oleh di Banjarmasin dan sekitarnya.

Baca :

10. Bingka

Bingka adalah wadai (kue) tradisional khas  Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya sangat manis, lemak, dan lembut. Bingka merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue untuk acara-acara istimewa seperti pernikahan. Meski dapat ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan karena rasanya yang manis sehingga cocok untuk berbuka puasa.

bingka khas Banjarmasin (net)
bingka khas Banjarmasin (net)

Bingka dibuat dari bahan-bahan sebagai berikut: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam. Umumnya bingka dipanggang dengan cetakan berbentuk bunga. Ada bermacam-macam perisa bingka seperti bingka tapai, bingka kentang, bingka labu (waluh), bingka pandan dan lain sebagainya.

Selain itu, ada jenis bingka lain yang menjadi favorit orang Banjar dalam bulan puasa, yakni “bingka barandam” yang sebenarnya agak berbeda cara pembuatannya.

Bingka dapat anda temukan di seluruh pelosok Banjarmasin. Bingka dijual ada yang memakai merek dan ada juga yang tidak.

Berbagai merek bingka baik yang baru maupun yang sudah ada sejak turun-temurun ada di Banjarmasin. Kue ini cocok untuk anda bawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga atau kerabat.

Beberapa merek bingka di Banjarmasin :

  • Bingka Bunda
  • Bingka Thamrin
  • Bingka Kurnia Rasa
  • Bingka Waluh Wadai Banjar

Itulah 10 kuliner berat maupun ringan yang khas di Banjarmasin. Jika anda perlu info tentang destinasi wisata baik itu wisata alam maupun wisata kuliner, anda bisa temukan di majalah Pesiar Citymag. Majalah Pesiar Citymag merupakan majalah pariwisata nasional pertama yang berhomebase di Banjarmasin.

Baca Juga

header

 

6 thoughts on “10 Kuliner Enak Banjarmasin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *