Cara Jitu Menghemat Air PDAM

Spread the love

Pusing dengan tagihan air yang melejit tak terkontrol. Dalam kondisi yang sulit ini, penghematan sedikit pun sangat terasa manfaatnya. Dalam pengeluaran keperluan rumah tangga, air merupakan salah satu pos yang sangat penting. Pemakaian air yang tanpa kendali menyebabkan jebolnya tagihan PDAM kita yang beribas naiknya pengeluaran rumah tangga.

Selain  pemakaian air yang tinggi, besarnya tagihan juga disumbang oleh kenaikan harga per meter kubik air dari PDAM. Nah berikut ada 2 cara yang sudah terbukti bisa menurunkan tagihan air.

  1. Shower
    Mandilah dengan shower. Kelihatannya hal ini sepele, namun jika anda pernah bereksperimen sederhana, maka anda akan menyadari betapa alat ini dapat benar-benar membantu.
mtfdivingcom
Salah satu jenis shower (foto : www.mtfdiving.com)

Ambil gayung yang biasa anda pakai mandi. Lalu putar kran shower dan isi sampai penuh gayung tersebut dengan air dari shower. Anda pasti akan bosan menunggu 20 detik hingga gayung anda penuh. Nah, 20 detik menyalakan shower sebanding dengan 1 gayung air.

Sekarang coba kita bandingkan,  dalam 20 detik berapa kali anda bisa membuang air dengan gayung ? Praktikkan aja sendiri, pasti lebih dari 10x gayung.Nah,  jika rata-rata kita menyalakan  shower selama 2 menit, berarti hanya sekitar 6 gayung air keluar. Sederhana bukan. Harga shower juga bervariasi, yang murah juga banyak. So, lakukan mulai sekarang. Pasang shower di rumah anda.

  1. Klep Tabok
klep tabok1
Penampakan alatnya (net)

Alat macam apa ini ? Beberapa bulan terakhir saya sudah membuktikan keampuhan alat ini. Tagihan air rumah saya turun (dengan pemakaian sama). Penurunannya juga cukup lumayan, bisa 3 sd 4 meter kubik. Kebetulan di rumah kami menggunakan bak tandon yang kami taruh di atas.

Alat ini bernama Klep Tabok atau Check Valve. Klep Tabok merupakan alat yang berfungsi sebagai katup untuk mencegah aliran balik keluar. Pasanglah alat ini pada posisi setelah meter air anda.

?
Cara pasang (dokpri)

Alat ini akan berfungsi optimal untuk kondisi sebagai berikut :

  • Bangunan rumah relatif tinggi sehingga pemasangan kran lebih tinggi
  • Jika anda menggunakan kran otomastis (kran apung)
  • Menggunakan tandon atas yang tinggi dan tidak mempunyai tandon air bawah
  • Air sering mati

Prinsip kerja alat ini sebagai berikut. Saat air masuk maka meter akan berputar menghitung dan meter air tidak berputar bila air keluar dari arah meteran. Bila air sering masuk dan keluar (maksudnya keluar dari meteran), maka menyebabkanmeteran tetap menghitung masuk tapi tidak menghitung keluarnya. Nah loh… Jadi bisa-bisa air akan dihitung  kali. Intinya air hanya bisa mengalir satu arah. Banyak macam tipe check valve, ada yang swing, lift check, disc dan masih banyak lagi.  Saya juga baru tahu.

prinsip kerja salah satu tipe check valve (www.eryhartoyo.files.wordpress.com)
prinsip kerja salah satu tipe check valve (www.eryhartoyo.files.wordpress.com)

Dengan dipasang klep tabok, maka air yang sudah masuk instalasi dalam rumah (setelah melewati meter air) maka tidak akan bisa kembali karena tertutup klep. Pemasangan alat ini diusahakan berdiri agar katup berfungsi dengan baik.

Namun jika anda sudah habis-habisan dengan cara apapun dan tagihan tagihan air tetap tinggi, bisa kemungkinan instalasi air anda bocor, segeralah melakukan pengecekan menyeluruh. Selamat mencoba.

 

7 thoughts on “Cara Jitu Menghemat Air PDAM”

  1. hahahha pernah kepikiran sih mandi pake gayung jd lbh boros air.. tp apa daya ortuku kolot katanya enakan mandi pake gayung, terpaksa deh ttp pake bak dan gayung. pantas aja tagihan air tiap bulan mencekik

    1. Menurut ahlinya, kalo dipasang horizontal tidak maksimal fungsinya. Kalo vertikal, maka jika tidak ada tekanan air dari bawah (dari arah meteran), maka klep tabok akan tertutup sempurna. Demikian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *