Cara Mengambil Paket Kiriman Via Cargo Bandara

Share This:

Dalam dunia ekspedisi, terdapat istilah pengiriman port to port, port to door, door to port dan door to door.

Banyak dari kita mungkin kurang familier dengan istilah pengiriman di atas. Namun bagi yang sudah sering menggunakan jasa pengiriman, pasti sudah akrab dengan istilah tersebut.

Door to door kira-kira artinya jika anda ingin mengirim barang, maka barangnya dijemput perusahaan ekspedisi dan diantar ke tempat tujuan.

Port to door artinya kurang lebih barang anda antar ke kantor ekspedisi, lalu ekspedisi akan mengantar barang sampai ke tujuan.

Nah untuk port to port, berarti barang anda antar ke ekspedisi yang biasanya lokasinya di sekitar terminal cargo bandara dan barang hanya akan dikirim ke pelabuhan (bandara) tujuan, tidak ke alamat rumah.

Dengan demikian penerima harus mengambil barang tersebut di terminal cargo.

Dalam pengambilan barang di terminal cargo, ada beberapa tahapan yang harus anda lalui. Dalam hal ini anda bertindak sebagai penerima barang.

Berikut caranya : ( dalam hal ini contoh di Terminal Cargo Angkasa Pura Logistik Syamsudin Noor Airport Banjarmasin)

?
Prosedur pengambilan barang, cukup clear
  1. Pastikan anda mempunya nomor SMU (Surat Muata Udara). Anda harus meminta nomor SMU bisa via sms atau WA atau BBM dari pengirim atau perusahaan ekspedisi tempat barang dikirim. Nomor ini berkaitan dengan pengecakan saat di terminal cargo. Jika nggak punya nomor ini, maka akan kesulita melacak barang anda. Meski saat ini hampir semua terminal cargo sudah computerized, tapi tidak serta merta anda bisa mengecek barang kiriman anda tanpa nomor SMU, misalnya hanya mengandalkan nama penerima. Alasannya karena nama orang bisa saja sama. Bisa dimaklumi sih. So, pastikan yang namanya nomor SMU.

    2016-06-10 13.07.45
    Contoh info SMS mengenai nomor SMU
  2. Masuk ke area Terminal Cargo, jangan terminal penumpang ya… Pastikan membayar pass masuk. Di Banjarmasin tarifnya Rp. 4.000 untuk mobil sekali masuk. Sekarang (2017) udah pake sistem komputer, tarifnya Rp. 5.000,- sekali masuk.

    Karcis Parkir (dokpri)
    Karcis Parkir (dokpri) Terakhir dah naik jadiΒ  Rp. 5.000
  3. Lalu datangi loket pelayanan, isi form data pesawat, nama penerima, kota asal kiriman dan yang terpenting adalah nomor SMU. Biasanya anda akan diminta KTP untuk membuktinya bahwa anda adalah penerima yang sah. Jika diwakilkan memang harus memakai surat kuasa. Beberapa bandara cukup ketat karena jika sampai barang diambil bukan orang yang berhak, bisa bermasalah.

    ?
    Form kiriman
  4. Bayar di kasir, kita perlu membayar biaya handling di airport. Kalo tidak salah untuk biaya ini Rp. 300,- per kg, plus biaya administrasi dan bisa juga biaya denda jika barang anda berhari-hari tidak diambil. Semua ada ketentuannya. Bisa berubah sesuai ketentuan ya….
    ?
    Tanda terima

    ?
    kuitansi
  5. Berikan bukti pembayaran dan tunggu barang anda diambil dari gudang
  6. Selesai

Baca Juga Cara Belanja di AliExpress

Suasana loket :

?
Ada 3 loket
?
loket 3

Baca Juga

170 thoughts on “Cara Mengambil Paket Kiriman Via Cargo Bandara”

  1. Pingback: CΔ±vata
  2. Tanya Ya Pak…. Apakah Ada Sistem Pengiriman Melalui Cargo Tanpa SMU, Kemudian Kami Mendapat Telp Dari Pihak Yg Mengatasnamakan Bandara Agar Transfer Uang Sebagai Jaminan Buat Registrasi Orderan Barang Yang Dikirim Ke Kami Agar Mendapatkan No Resi Pelanjutan Kiriman Ke Tempat Kami Hanya Karena Barang Yang Dikirim Ke Kami Harganya Murah(tidak sesuai harga pasar) mohon penjelasannya Pak

    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Setahu saya setiap kiriman udara menggunakan dokumen SMU. Kalo yang biasa terjadi adalah dari Angkasa Pura Logistic menelepon penerima, menginformasikan bahwa ada barang kiriman atas nama saudara/bpk/ibu, dan biasanya menanyakan apakah mau diambil sendiri atau mau diantar ke rumah. Karena mereka juga punya layanan antar sampai rumah (tujuan) dengan tarif tertentu. Ini yang biasa saya alami, dan itu “resmi”.
      Jika kita mengirim via Jasa Ekspedisi (Tiki/JNE dan sejenisnya) kita tidak mendapatkan nomor SMU, tapi hanya nomor resi pengiriman untuk kita bisa melacak kiriman ini secara online. Demikian semoga memperjelas.
      Salam,

      1. Selamat pagi pak,saya ingin bertanya tentang hal tersebut d atas… Apabila kita sudah d konfirmasi dan jam kedatangan kurir jam berapa tetapi barang belum datang,kita harus menghubungi siapa? Terimakasih pak,tlng bantuan informasinya..

        1. Pertama mesti menghubungi pengirimnya, apakah benar nomor SMU dan pesawat yang mengangkut barang tersebut. Siapa tahu pesawat delay, atau yang sering terjadi kelebihan muatan sehingga bisa saja paket kita dikirim pada penerbangan berikutnya.

          1. Tadi saya br menelefon bagian cargo ahmad yani yg bernama bpk eko setiawan,beliau meminta kiriman uang kmbali dng saldo d atm saya hrs d ats 2 juta,br uang bs kmbali… Yg td ny dy bilang cm 425.000 tdk kurang tdk lebh.. Saya sdh transfer 1,275,000 ke rekening ibu rumi umairah yg katany bendahara mereka… Kalau peristiwa sprti ini saya hrs lapor k bandara bagian apa?

          2. Pagi pak saya itu dapat kriman paket dari teman dfb dri london,saya minta num krim barang,alamt kirim ,nmer penrbangan tapi mereka kasih tidak jlas dan sya cek tdak dtemukan,kemudian saya dpat sms tlfon num pribadi dri bandara ,ktnya saya srh byar deposit td nya minta 5jt trus mereka nego 3jt,dan brang akan dkrim lgsug krmah,tp transfer nya melalui atm pribadi stiap saya tnya minta num resi dan alamat jasa cargo nya selalu bilang transfer dulu baru saya kasih num resi,saya diancam dr pengirim bila brang hilang akn dlaporkan kpihak berwajib,saya saja tdak tau itu benar ato tidak,ap brang bisa hilang di cargo,jadi ap yg harus saya lakukan mohon share nya pak ????terima kasih

      2. Pak saya mau tanya saya beli karpet online di facebook atas nama murah karpet katanya barang sudah dibandara soekarno hatta, saya sudah minta nomor resi dan nama jasa pengirimannya malah disuruh tlp ke 081525949426 untuk aktivasi resi, setelah saya telp ke nomor itu katanya nama cargonya PT. Angkasa Pura Logistic lalu saya tanyakan barang saya dia menanyakan nama dan alamat saya lalu nama pengirim setelah itu minta waktu 5 menit untuk cek namun setelah 5 menit saya telp kembali tidak diangkat2.
        Apakah nomor itu benar nomor org angkasapura logistik? Mohon informasinya pak.
        Saya menduga ini penipuan.

          1. Pak saya mendapat nomr 085825230433 dari petugas cargo katanya brang yg dikirim dari sana ditahan di bea cukai dan harus ada uang sebesar 2 juta buat garansi barang apakah pernyataan ini bnar pak ,,mhon penjelasan nya pak

      3. Pagi pak
        Saya mau tanya saya beli hp dari aceh harga.nya juga murah
        Setelah itu saya di telfon dari pihak bandara ahmat yani dia bilang katanya barang saya udah nyampe jm 4 sore akan segera diantar kurir bandara tapi saya harus bayar seharga barang yg saya beli 1.200.000 kata.nya buat jaminan asuransi yg nanti.nya akan di kembalikan bersamaan dengan kedatangan barang saya kemudian saya tranfer, setelah itu sore pihak cargo telfon lagi dan meminta tranferan 3.800.000 sama buat jaminan dan akan dikembalikan 5jt tanpa potongan tapi sampai sekarang barang saya belum datang apakah itu benar ?

      4. Pak bisa bantu saya punya paketan saya sudah sampai kata pihak bank minta pajak 8jt Apa benar nie pak saya di hubungi no ni apa tlp. 082211724404

      5. Tanya Ya Pak…. Apakah Ada Sistem Pengiriman Melalui Cargo Tanpa SMU, Kemudian Kami Mendapat Telp Dari Pihak Yg Mengatasnamakan Bandara Agar Transfer Uang Sebagai Jaminan Buat Registrasi Orderan Barang Yang Dikirim Ke Kami Agar Mendapatkan No Resi Pelanjutan Kiriman Ke Tempat Kami Hanya Karena Barang Yang Dikirim Ke Kami Harganya Murah(tidak sesuai harga pasar) mohon penjelasannya Pak

        1. Jika kita mengirim port to port harus menggunakan SMU, tapi jika kita menitipkan ke expedisi misal SN Cargo maka SMU dll diurus oleh pihak Expedisi, kita tahu beres saja.
          Untuk barang dari Luar Negeri biasanya ada klarifikasi harga dari Bea Cukai, misalnya harga barang yang kita declare terlalu murah biasanya pihak Cukai akan meminta bukti transfer kita ke suplier.
          Tapi kalo ada yang mengatasnamakan bandara, saya nggak bisa pastikan itu siapa.

          Salam

        1. Pa saya mau tanya saya ngirim dukumen dari palembang menuju ke batam itu kira kira nanti ada pemberitahuan yah kalo barang sudah sampe ketempat tujuan

          1. Kenapa nggak pake ekspedisi door to door aja mabak macam Tiki, JNE, Pos dll ?
            Kalo pake port to port biasanya ditelpon juga sama pihak Cargo bandara.

          2. pak, saya mau tanya, kalo kirim barang port to port dari saudi arabia, tapi udah beberapa bulan bahkan tahun tidak ada telp dari pihak Cargo itu gimana, pdhal kalo lama tidak di ambil dikenakan denda, itu gmna ya pak? trimksih

    2. mbak nurmilasari setelah bayar registrasi, barang nya mbak nyampek rumah nggak mbak,soalnya saya juga pesen barang ,trus saya juga ditelpon pihak bandara suruh bayar nonor registrasi, sama kaya mbak ,gimna mbak stelah bayar, barangnya nyampek gak

    1. Saya biasa kirim daging dari Surabaya sore dianter ke cargo, besok siang sudah sampe di Banjarmasin. Biasanya akan tergantung jadwal pesawat dan kepadatan cargo, maksudnya kadang pesawat pagi nggak muat, akhirnya ikut pesawat siang atau sore. Untuk lebih pastinya bisa memastikan di ekspedisi tempat mau mengirim. Semoga membantu πŸ™‚

  3. Mau nanya saya bli burung dari summut dan di kirim lewat kargo.setibanya burung di bandara sukarno hata pihak kargo menghubungi saya katanya ada biaya balik nama dari pengirim ke nama penerima kalo burungnya mau di antar dan biayanya itu sebesAr 4750.000 apa iya itu. Mohon informasinya bagi yang udah berpengalaman Terima kasih

    1. Nah sedang saya tanyakan ke temen yang bertugas di karantina mas gan… blm ada respon nih. Siapa tahu ada teman lain yang bisa membantu ditunggu sharenya πŸ™‚

  4. saya mau tanya. saya beli barang hp di batam. barang saya sudah dikirim sama tokonya lewat cargo bandara. saya di telfon sama karyawan cargo bandara untuk jamin sementara senilai 1.5 jt. apakah harus ada jaminan seperti itu?

      1. saya tadi baru mengalami hal yang sama, pihak atau admin dari bandara pekanbaru meminta saya untuk mentransfer uang sebesar 1,5 jt untuk biasa asuransi barang pesanan saya. katanya biaya ini hanya bersifat sementara dalam 10 menit uang saya akan ditransfer kembali katanya. apakah itu benar.? terimakasih pak??

    1. mbak bella sama spt yg saya alami skrg.
      apakah mb bela akhirnya mengirim uang jaminan itu?
      apakah brg nya sampai dg tepat?
      tlg bs hub sy 085729986017 sy butuh info nya

      1. mba hany dan mba bella saya juga sama kaya kalian.saya beli hp dr batam trus ga lama saya dhubungi karyawan kargo suruh bayar 1,7 sbg jaminan tp ktanya dr pihak olshop mau balikkin duit jminan itu 100% klo brang dah nympe rumah…sekarang saya lg khawatir nih mba kira2 itu penipuan gak ya

        1. Pak saya mau tanya kalo kirim barang melalui kargo bandara agar saya bisa ambil tepat saya tiba di bandara itu. Barangnya di berapa hari/jam sebelum saya berangkat

          1. Biasanya hari ini kirim, besok sudah sampai. Lebih tepatnya bisa tanya di bag cargo krn menyesuaikan dengan jadwal pesawat dan penuh tidaknya cargo. Trims

      2. Mba tolong saya…saya dapat paketan barang dari luar negri.pas sampe bandara bali ngurah rai pihak cargo minta kirim pajak paketan tsb.sudah saya kirim 2,5 dan sampe sekarang dia belom sampe k tempat saya.pegawai a.n rahayu 087749086566

    2. Mbak mau nanya…. Saya sekarang punya kejadian persis yg mbak alami,apakah dulu uang jaminan.nya mbak lunasi??& apakah barang.nya sampai rumah. Trimakasih

  5. Saya mau beli makanan pancake durian dari medan..apakah ada jasa pengiriman bandara ke barabai dan kl emng ada minta info tarif ny ..mksh

  6. Nhe saya mau tanya pak lw pengiriman melalui bandara ada jaminan sementara ngga soalnya saya belanja online dr kalimantan balikpapan dan katanya pengiriman bargnya melalui tiki/jne kok saya malahsaya ditelfon yang mengatas namakan dirinya dari pihak bandara balikpapan minta jaminan sementara sebesar 500 ribu sebelum brg dikirim..dan akn ditransfer setelah brg sampai…mohon infonya nhe penipuan atau bagaimna

    1. Permisi pak saya jg kemaren lusa beli hp on line dari pekan baru di kirim by paket udara,sehari kemudian jam setengah 7 petang dpt von dari bandara ahmad yani katanya knf mengenai barang yg saya pesan yg sudah di trima pihak bandara,katanya saya mesti kirim uang jaminan buat registrasi no pengiriman sebanyak 325 000 setengah jam setelah pengiriman,jika tidak di kirim barang masuk gudang,cz saya gk pegang atm dan dah malam saya gk bisa kirim uang itu andai kirim kan nunggu senin jam kerja,tpi nope pihak bandara di sms gk balas di von gk di angkat,trus nasib paket saya gimana ?
      Andai ambil sendiri ke bandara cara nya bagai mana ? Makasih info nya

      1. Ini nope bapak yg waktu itu von 082345884027
        Ini norek yg katanya harus fi kirim uang jaminan 4249-0101-3055-539 atas nama rina umairah bendahara paket dibandara ahmad yani katanya mohon pencerahannya pak n jika ini penipuan mg cp ada tindak lanjut agar gk makin byk yg jadi korban n di persulit haknya cz kami dah bayar vul sama pihak toko,suwun pak

      2. Menurut saya Mbaknya datengin aja Kargo Bandara setempat. Berbekal nomor SMU bisa dilacak disistem komputer. Pengalaman saya di Angkasa Pura Logistic di Banjarmasin semua sudah terdata di komputer mereka. Bahkan jika barang tidak diambil dalam waktu 24 jam, jadi barang sempat menginap di bandara maka akan dikenakan charge lagi oleh pengelola kargo, silakan datangi saja. Eh btw kenapa nggak ngirim pake yang door to door aja yah ? Tiki / JNE / POS / Wahana dll kan lebih enak πŸ™‚

        1. Pak, itu kalo pengiriman lwt door to door gimana ya? Perlu di minta ga nomor SMU nya ke si pengirim..
          Saya takut di tipu aja, krna mmang barangnya pke jasa antar door to door..
          Pas sy mnta nomor SMU, jwbnya ga ada krna pengiriman smpe rmh. Jd ga pke nomor SMU. Apa benar???

    2. Sama dgn kasus sy mbk ,trus gimana nasib paket mbk gmna ngurus nya,bagi info nya dong mbk,cz pihak bandara yg kemaren von minta jaminan di sms gak balas di von gk di angkat,suwun mbk low mau berbagi info

    1. Nah minta maaf, belum pernah. Seringnya saya pakai jasa ekspedisi. Jadi ambilnya di kantor ekspedisinya atau bahkan bisa diantar ke rumah. Terima kasih

      1. Saya mau tanya pak, saya beli barang hp harganya emng sedikit murah dari pasaran nya , dan kata pihak online pengiriman melalui via cargo pesawat/dacota, tapi saya ga dikasi no resi dan katanya itu langsung dari pihak bandara, dan tiba” saya dapet telpon dari pihak bandara dan katanya saya hrus registrasi sementara seharga 200 lebih ke pihak bandara melalui atm dan saya bakal dikasi nomer registrasi untuk sebagai bukti klo itu barang saya kepada kurir yg bakal nganter barang saya, apa di bandara ada semacam registrasi seperti itu atau ini hanya penipuan saja

          1. Makanya itu pak saya nanya soalnya saya takut ditipu pihak online yg mengatas namakan pihak bandara

          2. Setahu saya iya Mbak, bisa dicross check dengan penjualnya. Saya baru tahu kok banyak kasus seperti ini ya. Alhamdulillah saya nggak pernah ngalamin siy… Selama ini pengiriman asal sudah terima nmr SMU, telpon ke kargo menanyakan bahwa kiriman dengan nmr tersebut sudah masuk, saya tinggal datang ke terminal kargo, bayar admin dan biaya handling kargo, selesai. πŸ™‚

  7. Saya mau tanya pak, kalo di syamsuddin noor mau ngirim paket melalui cargo ini mengantar barangnya ke kantor logistik yang disebelah hotel jelita ya? Lalu untuk tarif per kg nya dari banjarmasin ke timika papua berapa ya pak? Mohon informasinya, terimakasih

    1. Betul mbak, samping hotel Jelita ada pintu gerbang Angkasapura Logistic. Di situ ada beberapa perusahaan cargo. Mengenai tarifnya bisa tanya by phone aja, saya kurang hafal

  8. assalamu’alaikum pak harno
    sy maw sharink,hari jum’at kmaren saya beli hp on line dari pekan baru ,n cuma dpt bm knf kalau barang dah dikirim melalui paket udara akan sampai sabtu sore,
    sabtu petang saya dpt tpon dari bpk2 yg ngaku dari bandara knf nope 082345884027 kalau kiriman barang dah sampai bandara,dan minta sy kirim uang 325000 setengah jam selanjut nya ke norek 4249-0101-3055-539atas nama rina umairah katanya bendahara di bandara ahmad yani ,katanya uang jaminan administrasi buat ambil no registrasi kalau gk dikirim dlm waktu setengah jam barang akan masuk gudang katanya
    cz malam hari n sy gk pegang atm rencana saya kirim manual,tpi jujur hati ini curiga apa iya poses nya mesti bgitu pak ,kan kami dah bayar lunas beserta ongkir nya ma pihak toko n pihak toko jg dah bayar lunas ongkir nya
    sejak itu bpk nya di von gk di angkat di sms gk bls, trus bagai mana nasib barang sy cara ngurus nya agar sampai tempat saya dgn selamat gan
    knpa mesti di persulit ya gan kan itu barang kami beli chas bukan dapat hadiah cuma2 mohon pencerahan nya gan
    n mg bisa jadi masukan misale bener proses nya serumit itu bisa di benahi low aksi modus tipu2 mohon di basmi habis oknum yg seperti itu bermental koruptor suwun pak

    1. Sama dengan saya saya pun kejadian seperti itu pak. Bagaimana menyikapinya. Dan bagaimana dengan barang yang kita bayar cash. Kami merasa tenggangu

    2. baca di atas , bnyak motif serupa , kesimpulan anda di tipu toko online , toko online bilang di kirim ke cargo , toko online telpon berlagak sebagai karyawan cargo . Ini sudah th 2016 seharusnya sekali baca iklan sudah tau klau itu pnipuan , dari harganya, dari caranys , dll. Klau awal awal ada internet bnyak korban wajar , skrang harus pada pinter lah, bnyak marketplace online yg di iklan di tv bnyak pilihan blanja online aman , kok mau mau nya di kibulin dengan harga murah , semua orang juga bisa ngetik , misalnya” iphone 5s 32gb = Rp. 1000.000 ” .

  9. Malam, mau tanya kalo saya mau ambil barang pesanan saya di bandara yakni ikan hias dari penang harus kemana ya? sistem nya port to port

  10. Maaf gan saya Baru aja dapet kiriman dari London.
    Dan saya ditelpon sama pihak bandara barang dah sampe Dan saya suruh kirim uang 600us trus saya ga mau trus di telpon LG saya suruh ke bandara tp giliran sampe Sana jauh jauh malah ga bisa orangnya ga mau di temuiin Dan saya tetp suruh tranfer sekirtar 2jt untuk jaminan. Q merasa ada kejanggalan YG bikin anehnya saya temuiin orangnya ga mau Dan saya Pengen liyat bukti pengiriman ga Boleh… Aneh ga gan…
    Trus saranya gimana gan biar saya dapet barang saya sampe rumah masalahnya barang di dlmnya lumayan Mahal ada ipon 6 leptop emasnya.. Bantuanya gan.. Pliss makasih….

      1. Lalu bagaimana dengan nasib kami gan yg barangnya tertahan jika tidak.mengirim tf itu. Apakah barang akan tetap ditahan atau akan tetap smpai pd kita. Infonya gan
        Makasih

  11. Infonya gan untuk barang yang katanya tertahan di gudang, dan harus segera membayar uang administrasi secepatnya. Itu harus gimana gan. ?
    Saya membeli motor dngn via online, Kami sudah bayar uang dengan penjual. Dan dpet sms dro cargo harus bayar uang tf sbsar 4 jt.
    Jika ingin di lanjutkan.
    Bagaimana dengan barang kita jika kita tdk mentransfernya gan. Apa tetap mendem atau lanjut ke kita, infonya gan mksih

  12. Tanya pak,,saya mem
    Beli karpet online,trs ada telpon dr pihak via chargo bandara juanda surabaya katax sy suruh transfer uang lg u.tuk mndptkn no regjstrasi tp sy gak mau lg transfer takut penipuan.tp stlh saya sms pihak chargox sy mnt no SMU nya,dan dia krim no nyA.nah apakah berarti barang saya sdh smpai bandara kalsel..n apakah bs d ambil

  13. Mo tanya dong, kalo mo pindahan rumah,, barang2ny kirim pake cargo bandara perhitungan biayany bagaimana ya, saya mo pindah dr batam k makassar, trima kasih

  14. Malam pak,saya mau bertanya dan msih bingung sampai sekarang. Saya berencana mau pesan pancake durian dari medan ke banda aceh dgn jasa port to port. Yg jdi pertnyaan saya jika sipengirim uda membiayain semua ongkos kirim dri medan,dan kita sudah terima SMU-nya,apakah saat kita mengambil barang tersebut akan dikenakan biaya lagi utk lain2nya??? Mohon masukannya pak,krna sya msih bingung dengan jasa pengiriman seperti ini. Terimakasih

    1. Terima kasih… Tetap ada biaya handling di cargo bandara. Kalo nggak salah biayanya sekita 500 sd 1000 rp per kg. Mungkin antara airport satu dengan lainnya beda. Dan itu resmi ada kuitansinya.

      Salam,

      1. Gan saya mau tanya klo dapt kiriman paket dari luar negri ke bandara.cara pengambilan’y gmn ya soal’y saya belum pernah ngambil paket di bandara sebelum’y gan.mohon pencerahan’y

        1. Maaf saya belum ada pengalaman yang ini. Biasanya kiriman dari luar negeri saya dikirim ke rumah.
          Mungkin ada teman lain yang bisa share. Terima kasih

  15. Selamat malam pak, saya mau tanya. Rencana saya mau kirim barang berupa jenis udang, saya hari senin mau kasih sample ke bagian karantina dan di perkirakan selesai hari kamis. Apakah pada hari kamis itu bisa langsung di kirim atau ke esokan harinya? Dan mau tanya juga. Kalo bapak tau berapa jam perjalanan bandung ke thailand kira2 berapa jam ya?
    Terimakasih..

    1. Kalo Bandara Syamsudin Noor yang pernah saya alami bisa aja. Mereka buka sampai kedatangan pesawat terakhir. Tapi cek aja sebelum ambil daripada kecele.
      Thanks

  16. Mohon bantuan nya, saya dapat sms seperti ini :
    Selamat pagi ibu Azalia saya Indriana dari cust. Woman bandara Internasional Soekarno Hatta , saya mau menyampaikan bahwa ada paket untuk ibu. Saya harap ibu memberi waktu untuk dapat segera mengkonfirmasi paket nya. terima kasih.
    Setelah saya hubungi kembali katanya saya suruh transfer dulu sebesar 4.850.000. Banyak sekali kan, katanya paket tergolong barang mewah. Ini penipuan ndak ya? Mohon bantun nya, terimakasih

  17. Maaf saya mau tanya, saya pernah beli barang lewat online tapi stlh satu hari barang akan dikirim ke alamat rmh saya stlh beberapa jam pihak bandara tlfn saya minta uang jaminan pertama 1 jt stlh saya bayar minta lg 2jt stlh itu minta 3 jt itu memang dari prosedur bandara apa penipuan, tolong kasih tau.

  18. saya mau tanya pak qu kan beli burung onlne ea qu dah tranfer masalh dp kata pengirm burung udah di kirim lewat cargo terus ada yg telp qu minta di tranfer lg sebesar 1jt 900 katanya buat jaminan asuransi katanya sih uang tuh balik 100% bareng barang yg di kirim emang betul pak kaya gitu

  19. Pak, mau nanya…istri saya dapat kiriman kargo dari skotlandia. Pihak agen mengkonfirmasi kalau barang sudah sampai di bandara tapi tertahan di bea cukai sehingga istri saya harus membayar pajak sebesar Rp. 5 juta karena termasuk barang mewah dan minta ditransfer ke nomor rekening di bank swasta. Menurut bapak kami harus bagaimana agar barang dikirim ke alamat kami ? Apakah agen tsb merupakan penipu atau bukan?

  20. Siang pak, saya dikirimin barang dari Jogja, tidak diinfokan sama pihak pengirim kalau barangnya sehari sampai dan harus cepat diambil. Sdh sampai dr tgl 19 Okt kmrn, brp denda yg hrs sy bayar ya pak?

  21. Selamat malam sy ricka. saya ada membeli hp saya tidak tau kalau hp itu belum resmi.
    jadi ada pihak dari bandara yang mengatakan kalau paket barang saya tidak dapat diantar karna belum mendapat izin. Jd dia minta transfer uang sebesar Rp.5.000.000. Sebagai jaminan nya agar barang yang ditahan itu bisa keluar. Apakah ini benar atau penipuan dari penjualan online tersebut? Karna saya minta bukti resi pengiriman barang tdk dibalas-balas juga.
    Tolong solusinya ya pak saya sangat berharap sekali. Karena si penelpon bilang kalau uang yang diminta nya tidak mencukupi maka barang itu akan di serahkan kekanyor polisi. Tolong bantu saya

    1. Sy juga sama mba, sy pesen karpet di onlain,katanya dlm 4 hri barang sampai trs da pihak bandara telvon barang da nyampai di bandara dukarno hatta kata nya barang g bisa d ambil karna pihak pngirim tidak melengkapi surat perpajekan n sya d suru trasfer 3jt buat melunasi Ny klo dlm setenga jm sy tida melunasi Ny barang akn di proses secara hukum,
      Ni termasuk nya pemerasan..

    1. kalo di Banjarmasin sampai malam masih dilayani, saya sendiri sering malam ambil barang. Saya sering mengambil barang frozen sehingga mesti saya ambil hari itu juga semalam-malamnya.
      Mungkin untuk pastinya bisa konfirmasi ke masing-masing airport, siapa tahu berbeda-beda.

      1. Terima kasih atas informasinya pak, sekiranya bapak punya informasi No telfon Cargo yang bisa dihubungi untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mohon bantuannya. karena saya cari di internet No yang ada tidak bisa dihubungi lagi. Terima Kasih

  22. sore pak saya zia mau tanya saya dapet kiriman dari London tapi pengirim nya bilang pihak cargo meminta saya membayar 300 dolar kalau mau ngambil barang tsb apa itu benar tiap pengambilan barang yg di kirim dari luar negri harus membayar sekian
    terimakasih

  23. Mas kalau aku pesan daging dari surabaya kan lewat cargo via lion itu bisa di antarin langsung ke rumah nga?? Dan biasa sya ambil barang di cargo via lion saya masih di kenakan biaya bnyak di bandara katanya hitung per kg kira2 per kg itu biayax berapa soalx sya tdk pernah bertnyak di bagian admin cargo

    1. Ada 2 cara :
      1. Tetep pake cargo lion, biasanya ada layanan antar ke rumah dari cargo bandara. Memang ada biaya tambahan per kg.
      2. Pake aja ekspedisi port to door. Jadi sudah terima beres di rmh. Biaya handling cargo udah termasuk biaya kirim ekspedisi. Kalo saya biasya dr Sub ke Bdj pake Transindo Kalimantan. Banyak kok ekspedisi yg melayani spt itu.
      Mudahan membantu hehe…

  24. Selamat siang bapak..saya mau nanya..sya menunggu kiriman paket dri london melalui udara ..katanya hari jumat pagi sudahdikirim dan hari ini sampai.dan katanya barang akan dikirim setelah sampai atau saya ditelpon langsung…oleh pihak jasa pengiriman ..saya dikasi no telepon tapi setelh dihubungi tidak diangkat hanya disuruh meninggalkan pesan..tidak ada no resi pengeriman cuma nama dan alamat lengkap penerima paket..serta no hp penerima paket..dia cek katanya paket sudah sampe indonesia tpi sy belum dihub dri pihak jasa pengiriman..bagaimana saya mengeceknya

  25. Mohon penjelasannya pak suharyanto
    Saya rencana mau order hp yg ke 2 kali dari batam
    Nah kali ini saya mau pengirimannya via cargo port to port bandara ahmad yani semarang krn katanya kebetulan biaya lebih murah dan paketan 1-2 hari bisa lngsung sampai kebetulan pihak toko jga nyaranin via cargo port to port/jemput bandara jika ingin paketan cepat sampai.
    Krna kemarin waktu pertama order via door to door 15 hari barang baru sampai tempt tujuan kta pihak tokonya kena lampu merah saat dipekanbaru.
    Pertanyaan saya apakah nanti setelah paketan sdh mendarat di bandara tujuan saya akan diberitahu mengenai paketan tersebut?
    Dan klo misal ada pemberitahuan mengenai paket tersebut dari pihak mana,pihak toko pengirim barang /dari pihak cargo bandara?
    Dan mengenai nomor SMU ,apakah setiap si pengirim mesti menerima nomor SMU untuk si penerima ?
    Mohon penjelasannya y pak
    Harap dimaklumi krn belum pernh sekalipun memakai jsa cargo bndara selama berbelanja online.

    Terima kasih

  26. Hi, saya mau tanya yach.. Saya dapat telepon dari cargo Jakarta. Katanya saya ada paket dari luar negri (UK). Terus kalo saya mau dapat paketnya saya harus membayar uang pengiriman nya lagi sebesar $800USD. Kalau misalnya mau check paket itu bener2 ada bisa gak kalo saya langsung ke cargo check dan tanya2 gitu. Lokasi saya di Medan sich, cuma bisa saya suruh orang check di Jakarta. Trus kalo memang ada itu paketnya bisa saya ambil di Jakarta saja gk? Thank you.

  27. Siang Pak,
    Saya mau tanya, kalau misalny kita sudah diberi nomor SMU dari penjual tetapi saat pengambilan bukan orang yang bersangkutan yang tertera dialamat yang ambil barangnya, apakah bisa? Saya pilih port to port dari Yogyakarta-Banjarmasin.
    Terimakasih, mohon balasannya.

  28. selamat sore pak? saya mau tanya apakah sipenerima barang dari cargo harus membayar terlebih dahulu biasa asuransi ke karyawan atau admin cargo bandara selaku orang yang akan mengirimkan barang pesanan kita, setelah pemilik toko menyerahkan barang peasanan kita di cargo bandara? mohon penjelasannya pak.

  29. Kalaw untuk pengiriman kucing dari Rusia kita terima dijkarta bandara itu biaya kena berapa n dokumen apa aja buat pengambilan n tata cara nya gimana ya.mkasih

  30. Pak mau tanya, saya mendapat kiriman dari luar negeri. dan barusan saya di telvon kalau barang tersebut di tahan di bandara Hang Nadim Batam. Barang tersebut dikenakan bea cukai. dan Barang bisa di ambil sendiri ke bandara dengan membawa uang bea cukainya atau di antar ke rumah dengan syarat membayar bea cukainya terlebih dahulu. itu bagaimana ya pak? Bagaimana cara mengecek barang tersebut benar2 ada atau tidak? soalnya sekarang marak penipuan

  31. pak mau tanya,jika saya belom ada KTP, bagaimna ya pak? jika mesti pakai surat kuasa? itu gmna lagi pak? mohon penjelasannya (:
    *BANTU JAWAB

  32. Pak kalau lewat laut bagaimana pengambilannya? Barang sy sudah sampai tapi sy tidak bisa ambil karena mereka minta API dan NIK padahal sy beli mesin cuma sekali ini saja dan bukan utk di jual. Tolong pak beri info(pelabuhan tanjung perak)

  33. Kak saya mau tanya
    Saya beli hp dari sulawesi kmrin tmpt saya beli itu udah packing barang, nah malamnya saya mendapat telepon dari pihak bandara untuk mentransfer uang sbsar 1jt untuk biaya pengecekan sementara dan uang itu akan kembali dalam waktu 5/10 menit. Jika tidak dibayar maka saya akan ditahan pada pihak kepolisian. Jadi itu bagaimana ya pak? Saya takut

  34. Permisi pak saya mau tanya, saya mau ngirim makanan basah ke jambi dari banjarmasin, kira2 klo ngirimnya pagi bisa sampai siang atau sore gak pak ya ? Soalnya makanannya cuma tahan 1 hari
    Dan kalau bisa kira2 caranya gmn ya pak ? Soalnya blm pernah kirim brg lwt cargo langsung

    1. Tergantung jadwal penerbangan mas. Biasanya pian antar barang ke Kargo sore ini, tapi pastikan dulu pian dapet slot penerbangan, besok berangkat, sore sampai Jambi.
      Bisa lewat Garuda Cargo atau SN Cargo. Nomor Telpon Garuda Banjarmasin : 0511 3366747
      Coba tanya aja nomor telpon Cargo Garuda

      Semoga membantu

  35. Pak, saya kan dapat kiriman dari.london, nah ada telpon dari pohak bandara namun nomor yang digunakan bukan nomor kantor apakah itu termasuk penipuan?

  36. permisi bapak/ibu
    hari ini saya mendapat tlpn dari pihak bandara tentang masalah pembayaran admistrasi barang katanya saya harus membayar 2jt kalo tidak membayar barang dianggap mencurigakan

  37. Saya baca2 komentar diatas kok banyak modus penipuannya, yah? pengalaman saya dulu (sekitar 4-5 tahun yang lalu) minta adik nyoba pengiriman kargo dari bandara soetta, ribet urusannya. Sekarang saya mau coba lagi apa sistemnya sudah lebih baik.

    mau tanya, kapal bapak biasa pakai SN cargo, bgmn dibanding kargo lsg dari maskapai? apakah lebih murah? maskapai mana yg lebih murah ongkos kirim kargonya.

    1. Jika bapak punya waktu mmungkin bisa langsung ke cargo pesawat, tentu harganya lebih murah.
      Terima kasih, Salam

  38. siang pak. lokasi SN cargo surabaya dimana ya? bisa layanan door to door? ada contact person nya? terimakasih.

  39. pak saya mau tanya . beberapa hari yang lalu saya pesan hp online dan harganya miring banget , setelah 2 hari ada orang yang ngaku namanya eko setiawan , katanya barang yang saya beli belum resmi(ilegal) atau belum boleh di perjual belikan dan berhubung hargany mahal jadi dia minta uang jaminan 2,5 jt supaya barangny ga ditahan dan bisa langsung dikirim ke kota tujuan …
    karna saya bingung harus kirim ato nggk, jadi saya tanya dulu sama tante saya , tante saya bilang nggak usah d kirim uang ny karena tante saya takut klo itu cuma penipuan ..
    tetapi 2 hari kemudian pengirim ny tanya kenapa barangny nggk d ambil,katanya semua masalah ny sudah di selesaikan dan saya harus ambil barang ny d bandara trus saya tanya no Resi ny mana malah ga di respon . jadi gimana , saya harus ambil barang ny ato nggk …

    1. waduh… belinya di situs yang terpercaya aja mbak. Toped, Bukalapak, Lazada dan sejenisnya. Jadi kalo barang blm diterima uangnya bisa balik πŸ™‚

    2. waduh… belinya di situs yang terpercaya aja mbak. Toped, Bukalapak, Lazada dan sejenisnya. Jadi kalo barang blm diterima uangnya bisa balik πŸ™‚

    3. waduh… belinya di situs yang terpercaya aja mbak. Toped, Bukalapak, Lazada dan sejenisnya. Jadi kalo barang blm diterima uangnya bisa balik πŸ™‚

  40. mohon infonya
    saya beli hp d bali..katanya barang sudah sampai di bandara. ..tapi pihak bandara telp katanya barangnya tdak ada surat pajaknya. .terus saya di suruh transfer senilai 2.200.000 buat biaya pajaknya
    apakah memang seperti itu yah kalau prosedurnya? ?

  41. Barang kiriman tmn saya dari paris tertahan di bandara ngurahrai bali, pihak terkait meminta uang sejumlah 10 jt, yg jadi permasalahan nama penerima (tmn saya ) beda satu huruf. aslinya S’ADAH jadi ADAH. apa barang tersebut bisa di ambil dengan beda satu huruf yg ada di resi pengirim.. mohon bantuan nya.

  42. Siang Mas… Bisa bantu saya..
    Saya mau ambil barang yang ternyata sudah seminggu yang lalu datangnya via Garuda. pagi tadi saya tanya ke kargo ada biaya tambahan yang cukup mahal. Apakah benar ya karna barang itu sudah lama berada di kargo bandara kata petugas bandaranya.

    1. Siang mas…
      Setahu saya emang sekarang ada charge barang yang terlalu lama menginap di Cargo. Minta aja aturan atau tarif resminya mas supaya memastikan bahwa itu aturan resmi. Mengenai tarifnya saya kurang tahu berapa. Salam

  43. maaf saya mau nanya
    apabila kita mengirim barang dari luar negri lewat kargo pesawat, apakah akan dikenakan bea cukai?

  44. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami mengajukan penawaran kerjasama dalam pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kerjasama nya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484 hp,wa.081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    BBM : D9CE63FD
    Hp wa : 081908060678,081385311679
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. HOKA HOKI INDONESIA
    Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
    Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
    Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
    Email : andijm.logistics@gmail.com
    Website : hokahoki.co.id

  45. saya mau nanya om nomer telpon kantor cargo bandara syamsudin noor itu berapa ?
    saya menghubungi dinomer 0511 6747 314 yang angkat mesin penjawab telpon terus kita disuruh menekan ext atau tekan 0 untuk bantuan operator tapi begitu kita tekan 0 nada sambung berbunyi beberapa kali ujung ujungnya telpon diangkat tapi ditutup lagi …. bagaimana pelayanannya …. ?????

  46. Saya beli barang dari yogya via port to port bandara balikpapan, tp sdh 21 hari tidak dikabarin, stelah sya tanyakan ke bgn cargonya, ternyata barangnya sdh lama datang, trus kena denda timbun kurang lebih 700rban,, memang ada begitu ya?? tp kami juga tidak dikabarin kalau barang sdh datang. ada yang ngalamin begini juga ga??

    1. Wah kok bisa sampai selama itu mbak, iya emang sekarang ada charge “nginap” di cargo bandara. Hitungannya harian, tarip per hari saya kurang tahu persisnya.
      Penjualnya mestinya ngabari dan ngasih nomor SMU ke pembelinya.
      Salam

  47. Maaf pak, saya dari Pontianak, saya ada rencana mau beli bibit ayam kampung super dari luar Pontianak, apakah saya sebagai penerima harus menyiapkan dokumen untuk mengambil pesanan saya ke bandara mengingat barang yang saya beli adalah hewan pak, tolong informasinya. Terimakasih.

  48. Mau tanya, saya dapat kiriman paket dari inggris tapi paketnya tertahan di bandara ngurah rai dan meminta pajak sebesar Rp 9.000.000
    Tapi pemberitahuan hanya lewat mo hp tanpa ada surat resmi dari bea cukai bandara pajak di transfer ke bank BRI apakah sperti itu prosesnya tolong jelaskan

  49. maaf, saya punya kenalan orang UK, dan berniat mengirimkan barang2 untuk saya, dan katanya sudah sampai senin pagi.Senin pagi benar saya ditelpon oleh orang yang mengaku telah menerima barang kiriman dari Mr. Frank yang di UK, dan mengatakan kalo saya disuruh transfer 10 juta sekian ke rekening dia.Tapi saya takut itu penipuan saja.lalu saya minta waktu, dan menghubungi mr. frank dan bilang kalo saya tidak punya uang sebanyak itu,,akhire dg perdebatan panjang, saya kirim uang sebesar 200rb saja ke rekening penerima barang di sana, dg informasi rekening dari mr. frank.
    hari berikutnya saya bertanya lagi atas barang2 dia itu.mr frank bilang msih tertahan karena blm bayar pajaknya.beberapa keraguan muncul karena pihak penerima brg yang mengakunya sebagai petugas bea cukai jakarta tidak memberikan info resi pengiriman barang, atau sekedar poto fisik paket yang dibungkus.jika menurut kata Mr. frank isinya barang2 mahal semua
    yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah benar prosedur pengambilan barang kiriman seperti itu, karena ini pengalaman pertama kali buat saya
    2. apa kita tidak boleh meminta info nomer resi pengiriman barang tsb?
    3. jika ingin melihat paket itu, kita datang ke mana AIRPORT HALIM ATAU SOE-TA?
    4. kira2 ini penipuan apa bukan ya, karena nomer yang menghubungi saya kemarin hingga saat ini masih aktif meskipun tidak membalas sms saya satupun
    5. sebagai info saya posisi ada di yogyakarta.
    terimakasih atas penjelasa yang anda berikan untuk saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *