Cara Vaksinasi Meningitis di Banjarmasin

Share This:

Apa sih meningitis itu ?

Pasti ada pernah mendengar istilah ini. Meningitis merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada selaput Meningen yang mana bagian ini merupakan selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Terjadinya infeksi pada selaput meningen ini akan mengakibatkan gangguan yang sangat serius dan fatal karena otak dan sumsum tulang belakang merupakan pusat saraf di tubuh kita. Hal yang menjadikan infeksi harus segera ditasi adalah karena terjadinya kerusakan pada bagian otak merupakan kerusakan yang bersifat irreversible atau permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang yang akan berkunjung ke wilayah Timur Tengah khususnya bagi calon jamaah haji dan umroh untuk membekali diri dengan kekebalan terhadap penyakit ini melalui pemberian vaksin meningitis.

Pemberian vaksin dimaksudkan untuk memberikan kekebalan pada tubuh terhadap suatu penyakit tertentu. Untuk vaksinasi meningitis diberikan sekurang-kurangnya 1 bulan (30 hari) sebelum keberangkatan ke Arab Saudi, Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 58 Tahun 2013 tentang Pemberian Sertifikat Vaksinasi Internasional. Pemberian dalam jangka waktu 30 hari sebelum keberangkatan ini juga dimaksudkan agar anti bodi atau kekebalan yang dihasilkan setelah pemberian vaksin terbentuk sempurna dan aktif untuk melindungi jamaah dari penyakit meningitis.

Nah, kira-kira itu pengertian dan pentingnya melakukan vaksinasi meningitis.

Untuk wilayah Kalimantan Selatan Pelayanan Vaksinasi Meningitis dapat dilakukan di 4 (Empat) Lokasi yaitu :

  1. Banjarmasin (Kantor Induk)

Alamat : Jl. Belitung Darat No. 118A Banjarmasi

  1. Banjarbaru (Wilayah Kerja Bandara Syamsudin Noor)

Alamat : Jl. Manggis No. 09 RT.19 RW. IV Kel. Syamsudin Noor Kec. Landasan Ulin Banjarbaru

  1. Tanah Bumbu (Wilayah Kerja Batulicin)

Alamat : Komplek Pelabuhan Samudera Batulicin

  1. Kotabaru (Wilayah Kerja Kotabaru)

Alamat : Jl. Pangeran Indera Kesuma Jaya Komp.Pelabuhan Panjang Kotabaru

Berikut review melakukan vaksinasi meningitis di Banjarmasin. Beberapa hari lalu saya melakukan vaksinasi di Kantor Induk. Jam 8 saya sudah sampai di KKP Banjarmasin, tempatnya di komplek Kantor Dinas Kesehatan Propinsi Kalsel, Jl. Belitung Darat 118A, Banjarmasin. Kebetulan saat itu sedang musim pemberangkatan jamaah haji sehingga menurut info para petugas di sana, biasanya tidak terlalu ramai. Bahkan pagi itu malah sepi, hanya kami berdua yang datang :).

Jangan lupa anda membawa persyaratan berikut ini :

  1. Fotocopy KTP / Tanda pengenal lainnya
  2. Fotocopy Paspor
  3. Mengisi lembar permohonan vaksinasi

Untuk tarif yang dikenakan pada pelayanan vaksinasi di KKP Kelas II Banjarmasin berpedoman pada PP No. 21 Tahun 2013 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lingkungan Kementerian Kesehatan yakni :

Untuk Pemohon Laki-Laki Untuk Pemohon Wanita Usia Subur
Pendaftaran        = Rp. 5.000,-

Pemeriksaan        = Rp. 15.000,-

Vaksinasi             = Rp. 260.000,-

ICV (Buku Vaksin)= Rp.25.000,-

 

Pendaftaran          = Rp. 5.000,-

Pemeriksaan         = Rp. 15.000,-

Vaksinasi              = Rp. 260.000,-

ICV (Buku Vaksin) = Rp.25.000,-

PPT-Test                = Rp. 25.000,-

Total                    = Rp. 305.000,- Total                      = Rp. 330.000,-

Adapun untuk menunjang kondisi kesehatan para jamaah disarankan untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat diantaranya mengonsumsi makanan bergizi , olahraga teratur, mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan atau melakukan aktivitas tertentu, tidak merokok serta istirahat yang cukup.

20160811_082300_resized
Map isi formulir (dokpri)
20160811_082319_resized
Bebrapa lembar isi formulir

 

Kami membeli formulir di koperasi (dibagian belakang kantor) seharga Rp. 5.000,- / formulir termasuk map. Lalu segera kami isi dan serahkan di bagian penerimaan formulir. Tunggu sebentar dan kami segera melakukan pembayaran dengan ATM BNI. Oh ya, di sini tidak melayani pembayaran dengan uang tunai dan hanya tersedia mesin EDC BNI, kelihatannya memang kerja sama dengan Bank BNI. Jadi pastikan bahwa anda membawa ATM BNI. Jika tidak, maka anda harus melakukan pembayaran di bank atau di kantor pos terdekat.

20160811_085209_resized
Pembayaran via ATM

Tarifnya seperti tabel di atas, tidak lebih, tidak kurang. Untuk wanita usia subur diwajibkan tes kehamilan terlebih dahulu. Setelah mebayar biaya vaksinasi, segera menunggu panggilan untuk masuk ke ruang poliklinik. Anda bisa meminta vaksinasi opsional seperti influenza, yellow fever atau yang lainnya. Tentu dengan biaya yang berlaku.

20160811_085527_resized
Pelayanannya cukup ramah (dokpri)

 

Setelah cek tekanan darah verifikasi formulir, akhirnya saya berpindah ruangan untuk disuntik vaksinasi. Selanjutnya menunggu pengisian buku kuning yang disyaratkan itu. Begitulah, karena pagi itu tanpa antrian, nggak sampai 1 jam kami dah selesai melakukan vaksinasi meningitis.

20160816_105141_resized
Pastikan mendapat buku kuning yang sudah terisi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan vaksinasi di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin dapat menghubungi (0813 5187 8966 ) Akhmad Yanie, SKM (Kasi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah), (08125170986) dr. H.M. Khaidir (Dokter Pelabuhan).(kkpbanjarmasin.or.id/sto)

4 thoughts on “Cara Vaksinasi Meningitis di Banjarmasin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *