Balikpapan-Samarinda, Ya Kangaroo Premier

Balikpapan adalah kota dimana saya pertama kali menginjakkan kaki di tanah Borneo. Pada 9 Feb 2003 pertama kalinya saya menghirup udara pulau terbesar kedua di negeri ini. Jika dihitung hari ini (2 Feb 2018), maka tepatnya sudah 15 tahun kurang 7 hari yang lalu. 🙂
Bandara Sepinggan Balikpapan waktu itu masih dengan terminal lamanya. Kini Bandara SAMS (Sultan Aji Muhammad Sulaiman) sudah menjadi bandara yang modern dan salah satu yang terbaik di Indonesia.
Sama dengan perjalanan pertama saya 15 tahun lalu, kali ini pun kota tujuan saya juga Kota Samarinda, ibu kota Kalimantan Timur.
Yang berbeda adalah perjalan saya waktu itu sendirian, sedangkan saat ini saya berlima dengan isteri, anak dan adik serta keponakan saya yang masih belum genap 2 tahun.
Samarinda kira-kira berjarak 120 km dari Balikpapan. Tak usah berpikir panjang, saya langsung menuju konter Kangaroo Premier di samping pintu keluar bandara. Travel dengan tagline On Time Or Free itu kini selalu menjadi moda transportasi pilihan kami saat menuju Samarinda. Pertama kali kami melakukan perjalanan dengan travel ini sekitar 2 tahun lalu, dan kami pun jatuh hati, bahkan anak saya pun selalu meminta naik Kangaroo saat menuju Samarinda atau sebaliknya.
Ada sedikit antrian karena pas jadwal beberapa pesawat bersamaan. Tak perlu berlama- lama di konter tiket, akhirnya tiket sudah di tangan dan kami siap berangkat. Kepastian keberangkatan dan keleluasaan memilih tempat duduk adalah beberapa faktor yang menjadi pertimbangan kami, disamping tentu kenyamanan, mobil dan layanan prima yang selalu diutamakan oleh travel ini.
“Seperti check in mau naik pesawat ya Pah,” kaya anak saya yang sengaja saya ajak mengikuti proses pembelian tiket di konter yang computerized dan layanan yang profesional.
Antrian Beli Tiket
Kena Candid dah
Travel ini juga membuat komitmen keberangkatan yang sangat menarik, “Depart Every 10 Minutes.” Awalnya saya tak percaya dengan jargon ini, ah paling sekedar slogan.
Saya memang belum bernah mengalami naik Kangaroo dengan 1 penumpang, tapi sudah ada yang pernah menceritakan pengalamannya di media sosial bahwa meskipun penumpang hanya 1 orang, travel ini tetap berangkat. Wow…
Maaf saya comot om hehe … (sumber ig : permana_agoest)
Antrian Bagasi Penumpang

Setelah tiket di tangan, kami menunggu sebentar karena armada keberangkatan pada jam saat ini sudah penuh terisi.

Tak berapa lama, Isuzu Elf putih berlabel “Depart Every 10 Minutes” pun datang dan terdengar suara petugas mengumumkan keberangkatan travel ini. Tepat pukul 13.30 Wita kami pun cuss ke Kota Tepian. Kapasitas armada ini 10 penumpang, dan kali ini semua kursi terisi. Tak perlu mengurus barang bawaan, semua bagasi sudah diurus oleh petugas yang dengan cekatan dan ramah melayani kami.
Driver dan semua karyawan di Kangaroo Premier ramah dan menjunjung profesionalisme yang tinggi. Dari petugas ticketing, petugas bagasi, driver semuanya ramah. Bahkan bagaikan pilot, setelah semua penumpang masuk, sang driver greeting dengan memperkenalkan nama dan kota tujuan layaknya pilot pesawat, keren nih… pikir saya. Seandainya …  ada perusahaan travel macam gini di Banjarmasin…. (mulai dah menghayal wkwkwk…)
Tapi bolehlah saya menghayal sebentar. Banjarmasin, kota tempat saya tinggal rasanya belum memiliki travel se-keren ini. Padahal jika ada, tentu perjalanan menuju Banjarmasin- Palangkaraya (200 km), atau Banjarmasin-Tanjung/Tabalong (240 km) dan Banjarmasin-Batulicin (260 km) tentu akan terasa nyaman. Seandainya travel ini ada di Kalsel, pasti akan menjadi pilihan dan bahkan menjadi primadona. Tentu tidak harus setiap 10 menit berangkat hehe…. Ah sudah lah, berdoa saja.
Akhirnya saya pun kepo instagramnya @kangaroo_tranpsortation, ternyata profesionalism memang sudah menjadi culture di perusahaan transportasi ini. Dari mulai masuk kerja, mereka sudah mendapatkan bekal training 5 hari (4 hari in class training, 1 hari field training). Dari situ mulai saya paham.
Berlima (yang 1 nggak terlihat) hehe
Perjalanan Balikpapan-Samarinda rata-rata ditempuh selama 3 jam, tentu tergantung kepadatan arus lalu lintas jalan poros Kaltim ini. Sepanjang jalan, para penumpang bisa menonton film dari layar LED 22″ yang terpasang. Filmnya box office lho.. hehe, dengan sedikit selingan iklan. Iklannya pun cukup informatif, seputar destinasi yang ada di Kota Samarinda dan Balikpapan. Anda mau pasang iklan ? Boleh kok hehe…. Hubungi saja Kangaroo Advertising. Ini nomornya untuk pemasangan iklan : 0821 1010 3330. Saya kira sangat efektif dengan jumlah armada dan kepastian penumpang, tentu iklan anda banyak ditonton orang. Lho kok malah jualan iklan saya hehe…..
Kembali ke laptop, jika anda hanya sekedar mau main hape di dalam travel, pun tak jadi soal. Armada Kangaroo dilengkapi dengan colokan( terminal charger/stop kontak) untuk mencharge hape, letaknya di bawah kursi anda. Atau jika anda ingin tiduran, tinggal rebahkan sandaran kursi anda, tidur deh…. Personal Seat yang terdapat  di dalam armada Kangaroo Premier sangat nyaman dan dilengkapi dengan safety belt. Beberapa kali naik Kangaroo nggak pernah tuh ketemu kursi yang macet nggak bisa direbahin sandarannya. hehe…
Jalur Balikpapan-Samarinda sore itu tak seberapa padat. Kangaroo bisa melaju dengan lancar dan nyaman. Keponakan saya yang baru menginjak usia 16 bulan pun tak rewel, malah menikmati perjalanan ini.
Setelah 3 jam perjalanan, tepat 18.30 Wita kami tiba di Samarinda, kami turun di Shuttle Point AWS, Jl. W.R. Supratman No.7A Depan Kampus Colorado (Jl. Awang Long).
Jika anda tidak dijemput, anda bisa menggunakan Kangaroo Feeder untuk menuju rumah atau tempat tujuan, tarifnya jelas. Untuk Kangaroo Feeder, mereka menggunakan mobil tipe Luxio.
Shuttle Point AWS ini menjadi tempat pembelian tiket dan titik keberangkatan dari Kota Samarinda. Tak heran aktivitas di bangunan yang kecil tapi rapi ini cukup padat. Dari calon penumpang yang membeli tiket, menunggu keberangkatan hingga beberapa orang yang terlihat menggunakan jasa Express Delivery, yakni kiriman Paket Dokumen maupun Paket Barang Point To Point (P2P) dalam waktu 3 Jam sampai di kota tujuan.
Counter di Shuttle AWS Samarinda
Shuttle Point AWS Samarinda
Di depan Shuttle AWS
Oh ya sebelum kelupaan, banyak yang bertanya tentang jadwal keberangkatan. Samarinda merupakan ibu kota Kalimantan Timur, tentu aktivitas bisnis dan perjalanan kedinasan lainnya sangat padat ke kota ini. Dengan adanya travel ini, letak bandara yang berjarak sekitar 120 km pun tidak menjadi masalah. Jadwal keberangkatan Kangaroo Premier yang setiap 10 menit sekali sangat memudahkan kita sebagai calon penumpang. Jadwal keberangkatan pertama bahkan sudah disusun menyesuaikan keberangkatan pesawat pertama dari Balikpapan (first flight). Dan sekali lagi ingat, berangkat setiap 10 menit.
Keberangkatan dari Samarinda : 01.20 – 19.40 Wita
Keberangkatan Balikpapan : 05.00 – 23.10 Wita
Tarif per Jan 2017 : Rp. 150.000,-
Call Center 24 jam : 0812 555 1199
Tak terasa udah panjang cerita saya….
Samarinda, Aku Datang (lagi)
Samarinda-Balikpapan, 2-4 Februari 2018

5 thoughts on “Balikpapan-Samarinda, Ya Kangaroo Premier”

        1. kemarin keponakan saya belum 2 tahun, masih digendong (pangku) jadi blm pake tiket. Lebih jelasnya silakan ke call center 0812 555 1199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *