Direktori Warung Jawa di Banjarmasin (2)

Petualangan akan kita lanjutkan. Kali ini beberapa warung makan siap kita explore.

9. Wajan Anglo (Tutup)

TKP :  A. Yani Km 6, dari Banjarmasin tepatnya setelah gerbang batas kota, kiri jalan, seberang Bank Mitra.

Jam Buka : Maghrib – 01.30 Wita

Menu andalan : Nasi goreng, mawut, mi goreng, mi kuah, ayam krengsengan

Nama warung makannya sesuai yang tertera di spanduk adalah Warung Makan Wajan Anglo Kediri. Memang cara masaknya pake anglo, jadi nggak pake kompor. Saya baru sekali makan di situ, meski penjualnya berasal dari Jawa Timur (Kediri) tapi cita rasa masakannya agak manis, mungkin sudah disesuaikan dengan lidah Banjar, hehe. Menurut info penjualnya, jam operasionalnya hingga pkl 01.30 Wita, pas buat yang mau makan sahur wkwkkw (supper).

IMG_20150501_191509
Deket Giant Ekstra
IMG_20150501_191005
Nama Warungnya
IMG-20150501-WA007
Saya pesen nasgor mawut
IMG-20150501-WA008
Nyonyah pesen menu favorit mie goreng
IMG-20150501-WA009
Sasa pesen mie kuah

10. Soto Kwali Boyolali

TKP : Jl. S. Parman pas seberang Polda Kalsel

Menu Andalan : Soto Kwali, Garang Asem

Jam Buka : Pagi sampe bosen (wkwkkw), kata pemiliknya bos Anggoro Herianto

Warung makan ini sudah cukup lama berdiri, kalo nggak salah 8 tahunan, ya kira-kira 2007 lah. Dulu lokasinya persis di samping simpang empat S. Parman – Jl. Bali. Hingga akhirnya pindah di seberang Polda, masih di Jl. S. Parman. Menurut saya, satu-satunya kekurangan cuma tempat parkir mobil yang nggak ada, terpaksa di trotoar. Jadi pas makan sambil berdoa tidak kena tilang. Tapi gakpapa, banyak polisi makan di situ kok. Apa hubungannya coba ?

Oh ya, kalo anda penggemar soto daging sapi ala Jogja seperti Pak Marto seberang JEC atau Soto Kadipiro dan sejenisnya, maka warung soto inilah satu-satunya yang mendekati untuk Banjarmasin. Saya belum pernah nemu soto daging sapi yang rasanya mirip di Jogja, kasihan ya …

Kwali2
Semangkok soto pengusir galau
Kwali
Tempe habis, remukan pun jadi 🙂

 

11. Gudeg Jogja Bu Roemini

TKP : Komplek Beringin, Jl. A. Yani Km 3 masuk 50 meter

Jam Buka : Sore – Malam

Menu Andalan ; Gudeg, Nasi Goreng, Mie Goreng, Lauk ayam, bandeng, telur dll

Warung ini langganan saya sejak saya pertama kali menginjakkan kaki di Banjarmasin tahun 2005. Waktu itu lokasi warungnya di area PKL Jl. A Yani. Akan tetapi karena Jl. A Yani Km 3 nggak boleh lagi buat PKL, akhirnya si ibu nyari tempat baru. Tempat barunya sebenarnya kurang representatif karena merupakan gang senggol, saat makan bisa kena senggol kendaraan lewat hahaha… Tapi ya sudahlah mungkin rejeki Bu Roemini di situ.

IMG_20150613_180424
Seru, warungnya emplek-emplek di gang senggol
IMG_20150613_180259
Touch screen juga hehe….
IMG_20150613_181005
Menu favorit sejak bujangan dulu, nasi gudeg telor dadar 🙂

Konon kalo nggak salah denger, mereka perantau dari Gunung Kidul. Dan kalo nggak salah lagi, mereka sudah beranak pinak, maksudnya warungnya sudah menjadi 3, salah satunya di deket pelabuhan Trisakti.

Oh ya, jangan bayangkan gudegnya seperti di Wijilan, macam Bu Slamet atau Yu Jum yang legendaris itu. Disini gudegnya sedikit disesuaikan dengan selera Banjar hehe… Kira-kira begitu lah, masih agak basah dan nggak ada sambel kreceknya.

Khusus bulan puasa biasanya ada menu tambahan seperi brongkos, nah loh, ini menu andalan saya saat berbuka puasa dan makan sahur dulu. Wkkwkkw… Makanya saya tahu banget, maklum sudah member sejak 10 tahun lalu. Monggo silaken dicoba.

[googlemaps https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m14!1m12!1m3!1d1991.5427632767255!2d114.60898084203585!3d-3.3290461680000436!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1430728609167&w=600&h=450]

12. Depot Beruntung Jaya

TKP : Jl. Beruntung Jaya, setelah perempatan pertama, kiri jalan

Jam Buka : Pagi – Malam

Menu : Menunya buanyak banget hehe…. Ada rawon, soto ayam kampung, nasi opor, tahu telur, pecel dll

Makan siang dan makan malem merupakan saat-saat padat depot ini. Mungkin karena banyak pilihan menu sehingga nggak hanya anak remaja, tapi juga keluarga. Cukup recommended bagi yang kangen masakan ala Surabaya.

IMG_20150502_131108
Tuh Menunya

 

13. Warung Bulek Jawa

TKP : Komplek Stadion Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km 5. Pas pojokan sebelah lapangan tenis. Dari A yani masuk ke arah stadion, ketemu lapangan tenis langsung belok kanan, lokasi warungnya pas paling ujung.

Jam buka : 8 pagi sampe habis. Bukanya cuma Senin – Sabtu, Minggu libur macam kerja kantoran juga hehe.

Menu : Nasi plus aneka sayur, lauk, ikan, ayam, telor dll

Saya menyebutnya warung salesman, soalnya yang makan di sini kebanyakan salesman, baik salesman yang masuk target maupun salesman galau yang nggak masuk target hahaa. Sejak 10 tahun lalu saya sudah sering makan di warung ini karena dekat dengan kantor lama saya.

IMG_20150505_125304
Tuh di pojokan warungnya
IMG_20150505_123954
Ngantri pas jam makan siang
IMG_20150505_124031
Sibuk, yang jaga sudah ganti orang
IMG_20150505_124039
Aneka sayur
IMG_20150505_124057
Nggak sadar saya foto 🙂
IMG_20150505_124220
Porsi kuli
IMG_20150505_125041
Suegerr

Meski warungnya sederhana, tapi jangan salah, artis pun pernah makan di sini.. hehhe…

IMG00582-20100712-1355
Ada Edi Brokoli, sumpah ini Edi Brokoli, beneran (taken Juli 2010)

 

Baca lanjutannya di Direktori Warung Jawa di Banjarmasin (3)

Atau Direktori Warung Jawa di Banjarmasin tulisan sebelumnya