Tentang Saya

Share This:

Saya bangga terlahir di sebuah dusun di Kawasan Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Mojohuro, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pertengahan Pertengahan Mei 1976. Meski terlahir di daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, namun saya terlahir dari keluarga pedagang.

Adalah Pak Gito dan dan Bu Subi, dari pasangan yang menikah 2 Mei 1974 inilah saya dilahirkan. Saya anak sulung dari dua bersaudara. Adik saya Tary lahir pada saat usia saya 6 tahun. Pak Gito dan Bu Gito sekarang masih tetap tinggal di Mojohuro, rumah yang kami cintai, yang pada Gempa Jogja 27 Mei 2006 sempat roboh sebagian, tapi alhamdulilah kami semua selamat, berkat lindungan-Nya. Dan sekarang rumah tersebut alhamdulilah sudah berdiri lagi dengan sedikit modifikasi. Kini Pak Gito sudah pensiun dari jabatan Ketua RT.

Awal pendidikan formal saya di TK Sriharjo. Terima kasih ibu-ibu guru (Bu Darti, Bu Sri Hartini dll) yang sudah dengan sabar mendidik saya yang waktu itu terkenal “gembeng” (gampang nangis) tapi sekarang enggak lagi lho ๐Ÿ™‚ย  Kemudian saya melanjutkan di SD Tunggalan I (tetap di Desa Sriharjo) dari 1982 – 1988. Masa kecil saya tak ubahnya dengan anak-anak pada umumnya. Belajar, bermain, ngaji saya jalani bersama temen-temen saya. Satu hal yang membuat saya protes kepada orang tua saya adalah : Saya selalu dilarang mandi di sungai, hingga akhirnya sampai sekarang saya tidak bisa berenang hehe… Padahal temen-2 saya semuanya bisa berenang dengan berlatih di sungai. Maklum, satu-satunya kolam renang di desa kami ya Sungai Opak, kebetulan jaraknya hanya sekitar 1 km dari rumah saya. Kasihan de gue, hari gini gak bisa berenang….. Lucunya, sekarang saya tinggal di Banjarmasin yang punya sebutan KOTA SERIBU SUNGAI, tapi saya tidak bisa berenang. Ah, sudah lah… Itu berkah atau kutukan masa laluย  hehe…

Setelah lulus SD, saya melanjutkan ke SMP 1 Imogiri. Tiap hari saya naik sepeda sejauh 4 km untuk menuju sekolah. Sekolah yang dulu juga merupakan tempat Bapak dan Simbok saya menempuh pendidikan SMP. Baru mulai kelas 3 saya agak malas naik sepeda, karena banyak kegiatan seperti les dsb, akhirnya saya sering naik angkudes atau bis. Ongkosnya waktu itu Rp. 100,- (cepek) sekali jalan, dan kadang gratis kalo ketemu kenek yang kenal, apalagi Mbah Punjul yang emang jadi pengasuhku waktu kecil. Sekarang pasti udah naik berlipat lipat ongkosnya. Mmm… eh kabarnya angkudes Mahardika dan Bis Abadi malah sudah langka, tergeser kendaraan pribadi (motor dan mobil).

Karena nilai saya lumayan bagus, saya memberanikan diri melanjutkan ke SMA 8 Yogyakarta, tepatnya di daerah Muja Muju, Umbul Harjo, deket pabrik susu Sari Husada. Kata orang SMA 8 Yogya (Delayota) merupakan SMA terbaik ketiga di Jogja, huh… tapi buat saya SMA 8 adalah yang terbaik di Jogja. Di SMA ini banyak sekali cerita… cuma kepanjangan kalo saya ceritakan disini ๐Ÿ™‚ Oh ya, selama sekolah, saya kelas 1 di temeni kuda besi RC 100, lalu kelas 2 saya ditemeni Suzuki Crystal AB 5685 WB. Sepeda motor yang penuh kenangan yang sudah menemani saya kemana-mana, pernah ke Tawang Mangu, Dieng dan sebagainya. Sepeda motor yang akhirnya saya jual tahun 1998 sehabis saya KKN di Purworejo ๐Ÿ™

Tahun 1994 saya masuk Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jurusan Teknologi Industri Pertanian melalui jalur UMPTN. Maksud hati sih ambil Teknik Elektro, simpel saja karena waktu SMA punya hobi ngobrak-abrik segala jenis radio, tape dan amplifier… wkwkkw. Tapi entak berkah entah kutukan (lagi-lagi) saya nyangkutnya di pilihan kedua.

Singkat cerita saya lulus tahun 1999, dan kalo temen-temen buka buku alumni edisi Nopember 1999, foto di paling akhir data wisudawan tahun 1999 itu adalah saya….

Alhamdulilah, tidak sempat nganggur, saya langsung berkarir di PT. Sanghiang Perkasa (Kalbe Group) melalui program Management Trainee. Tahun 2000 – 2001 saya bertugas di Medan dan Padang. Selanjutnya saya pindah ke PT. Bintang Toedjoe (Extra Joss) dari tahun 2001 hingga 2006. Dari Junior Supervisor dan akhirnya saya menjadi Area Manager di Bintang Toedjoe. Tempat tugas saya mulai dari Semarang, Bandung, Solo, Samarinda hingga akhirnya “terdampar” di Banjarmasin.

Lulus dari Bintang Toedjoe, pada tahun yang sama saya bergabung dengan PT. Mead Johnson Indonesia sebagai Area Sales Manager wilayah Kalselteng hingga tahun 2008.

Lagi-lagi nggak tahu ini kutukan atau berkah, saya memutuskan menetap di Banjarmasin. Akhirnya mulai 2008 saya bergabung denganย  sebuah media di kota ini. Banjarmasin Post – Tribun (KG).

Gonta-ganti posisi dari Sirkulasi, Promosi, Advertising hingga Printing sudah khatam dilewati. Hingga tak terasa 7 tahun lewat saya masih betah di perusahaan dan kota ini.

(Ntar diupdate lagi ya…)

Akhirnya, terima kasih sudah berkenan membaca mini biografi saya yang acakadul dalam penulisannya. Salam kenal, sugeng rawuh dan semoga blog ini bermanfaat sebagai โ€œwahana tukar kawruhโ€, tukar informasi dan silaturahmi.

Tampilan Terakhir 2015
Tampilan Terakhir 2015

33 thoughts on “Tentang Saya”

  1. Wah mantab, udah jadi boss media. bisa nyaingin suryo paloh nih. sukur maloh nyaingin Jakob Utama ama Dahlan Iskan hehe…

  2. selamat! perjalanan karirnya sungguh indah dan menarik! jangan lupa nih bos, kalo mampir jogja or jakarta, kontak2 aku. sapatau kita bisa reunian ๐Ÿ™‚

    enysant

  3. Hai En,
    wah, seneng rasanya bisa ketemu temen2 meski hanya di dunia maya.
    Mdh2n tar bisa reunian.

    Aku juga OL di YM di hary1805

    Salam buat keluarga,
    SH

  4. walah kang mase hary sampeyan udah sukses melalang buana to mesih inget kulo to jape mete…tim komade (kop mahasiswa leda-leda) asle solo……kalau pengin ym man bisa contak di alirozie@yahoo.com….tiap hari online……..karena kerjaanya ndak jauh2 dari sejarahnya dulu tukang dandan-dandan komputer kelas teri

  5. Akhirnya Datang Juga….
    Yo jelas to Dab, Jape Mete mosok lali.
    Wah wah, dadi pengusaha sukses neng Solo yo. Iseh neng ngarep UNS po pindah ngendi saiki ?
    Aku OL neng hary1805@yahoo.co.id

    Wahyu iseh neng Colomadu ? Sering ketemu gak ?

    Salam,
    SH

  6. Halo juga mas Febri,
    Trims udah mampir pekarangan rumah saya… Iya, Sasa dah 1 tahun nih umurnya.
    Piye kabare Mojohuro ?

  7. wahh, kalau soal tak bisa berenang jangan khawatir Om.. saya juga kuatnya cuma sekitar 25m, habis itu cuma bisa pasrah.

    Tapi kan bisa belajar sekarang, mumpung banyak sungai di Banjarmasin.

    ๐Ÿ™„

    Salam kenal dari Banjarbaru yg sungainya dikit banget bahkan hampir tak ada yg betul-betul sungai.

  8. Saya sebenernya bisa Pakacil, cuma 1 gaya aja yaitu GAYA DADA alias melambaikan tangan sambil teriak tolong, tolong, tolooooong……..

    Salam kenal, matur nuwun sudah mampir di pekarangan terbuka saya.

    SH

  9. Weleh….3x mbah. isih eling aku ra.konco sma 8. yang sering ngeledekin kamu….he.3x. Orang imogiri tumpakane RC. anakmu udah berapa mbah? Kangen je mbah aku sama teman2 SMA. AKu baru hunting alamat teman2. kalau ada aku di kirim yach….tanks

  10. He dab, iyo kelingan. Cah Nggunung iku kan ? (Wonosantun). Iyo,aku kelangan kontak konco2 SMA. Ayo dikumpulke maneh. Saiful, Cahyadi dll. Aku cuma duwe kontakke Mono.
    Kowe nengndi saiki ?
    Anakku lagi siji.

  11. Kulonuwun mas Yanto, salam kenal dab, saya bekti dari Sleman Barat.

    Pas browsing2 nyari info banjarmasin eee ketemu omah-e sampeyan di wordpress ini. Mampir nanya yo dab, tgl 26-29 nanti aku mau ke banjarmasin, untuk satu acara di jl gatot subroto. Saya browsing2 hotel sing murah dan nyaman, ada nemu rekomendasi Eva Guest House sama Hanni Guest House. Untuk akses dan pertimbangan lain2, enakan mana yo mas? sing ada fasilitias sewa mobil apa antar jemputnya gitu.

    Maturnuwun.

  12. Monggo Mas Bekti, sugeng rawuh wonten pekarangan kulo, sugeng tetepangan…

    Kulo aturi mbuka email, balasan kulo lengkap hehe..

  13. Assalamu’alaikum

    Dhik Har wis pindhah maneh to…?? Keluarga sehat kabeh? Di Kal-sel dekat karo nggone dhik Aris?

    Rencana kami mau mudik liburan sekolah Juni/Juli besok. Maunya lebaran, tapi setelah dipikir2 & dengan berbagai pertimbangan akhirnya diputuskan u/ dimajukan.

    Kemarin dapat kabar dari pak Dal, Lit Atmi mau nikah awal April, dhik Har pulang??

    Salam dari keluarga di Riau

    Wassalam

    1. Walaikum slm,
      Iyo mas, Alhamdulillah keluarga sehat kabeh. Aris sopo iki ? Nek Aris adike Mas Manto adoh mas, neng Pangkalan Bun. Liburan Juni ya ? Iyo, Lik Atmi rencana tgl 12 April kalo gak salah. Aku rung pasti mas, iso mulih gak.
      Salam buat keluarga di Riau.
      Matur Nuwun dah mampir ke pekarangan

      Wassalam

  14. Salam kenal mas haryanto dari Iqbal Dk sesama perantau yogya yang mencari sesuap nasi di Banjarmasin.
    Ternyata di Bpost itu banyak org yogya juga ya,mas Ribut dll
    Perlu dipikirkan utk buat Perkumpulan warga yogya di Banjarmasin
    Salam aja buat mas Ribut dari Iqbal Pertamina
    Matur nuwun

    1. salam kenal, matur nuwun sudah mampir di pekarangan saya. Menawi perkumpulan mBantulan malah sampun wonten arisanipun tiap awal bulan. Nyuwun sewu Mas iqbal Jogjanipun pundi ? Insya Allah salamipun kulo sampaikan. Salam.

  15. lho satu kampung di perantauan pernah ikut MAS BANTUL di banjarmasin pa saya juga orang bantul tepatnya di Bugisan selatan salam kenal

  16. Bisa minta nomer hp yang bisa dihubungi g ??? soal’y mau nanya soal rak supermarket ,… Makasih ,,, Atw hubungi sya d 08125120872

  17. Hihihi.. Gokil pak.. Saya kebetulan juga tidak bisa berenang meski di Banjarmasin ๐Ÿ˜†

    Lama juga ya pak malang melintang di dunia obat-obatan.. Saya pun pernah bekerja selama 4 tahun di distributor obat sebagai Apoteker Penangguhjawab PBF merangkap kepala logistik di salah satu BUMN.. Sebelum akhirnya memutuskan untuk resign dan menjadi “pengangguran” ๐Ÿ˜€

    Salam kenal pak. *sudah bisa bahasa Banjar, pak? ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *